Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Wisata Di Purbalingga Tutup Sementara

Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Purbalingga ditutup sementara sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinporapar Purbalingga, Bambang Widjanarko dalam surat nomor 556/0304 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penutupan Sementara Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan.

Dikeluarkannya surat tersebut, menyusuli surat nomor 556/0296 tanggal 16 Maret 2020 perihal Peningkatan Kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19.

Selain itu juga sebagai tindak lanjut Surat Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah Nomor 556/906 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan.

“Memperhatikan perkembangan dampak Virus Covid-19 dan demi kepentingan masyarakat, Destinasi Wisata dan tempat hiburan ditutup sementara sampai dengan evaluasi terhadap perkembangan situasi yang ada,” kata Bambang, Selasa (17/3/2020) petang.

Bambang menghimbau selama masa penutupan diminta untuk melakukan gerakan pembersihan dengan disinfektan dan alat kebersihan lainnya sesuai dengan standar kesehatan yang dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan atau Rumah Sakit setempat.

“Untuk pengelola hotel dan restaurant agar meningkatkan kewaspadaan dengan menyediakan dan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh (Thermal Gun) serta hand sanitizer kepada setiap tamu atau pengunjung yang datang,” tegas Bambang.

Istilah - Istilah Yang Ada dalam Corona Virus Diase (Covid-19)
1. ODP (Orang dalam Pemantauan)
2. PDP (pasien dalam pengawasan)
3. Suspeck (diduga terkena virus karena sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan orang yang positif corona)
4. Positif (setelah melalui cek lab dan prosedur lain )
5. Lockdown mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara
6. Social Distancing Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.
7. Isolasi Untuk yang sakit. Mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit dari orang yang sakit) 8. Karantina Untuk yang sehat. Mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit ke orang yang sehat)
9. Work From Home (WFH) Bekerja dari rumah
10. Imported Case Seseorang terjangkit saat berada diluar wilayah dimana pasien melapor
11. Local Transmission Pasien tertular diwilayah dimana kasus ditemukan.
12. Epidemi Penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebaran disuatu wilayah.
13. Pandemi Penyebaran terjadi secara global.

Blog personal untuk berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: