6 Spot Terbaik di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta

Jakarta adalah Ibukota negara sekaligus kota metropolitan di Indonesia. Berbagai gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan menghiasi kota ini. Meskipun di tengah modernisasi kota, Jakarta masih menyimpan berbagai peninggalan sejarah. Salah satunya adalah kawasan Kota Tua yang menjadi salah satu ikon wisata sejarah dan menjadi destinasi wisata favorit warga ibukota. Meskipun letaknya berada di tengah kota, namun suasana Jakarta tempo dulu masih sangat terasa.

Selain masih khas dengan suasana tempo dulu serta keindahan bangunan tuanya, di Kota Tua Jakarta juga banyak spot foto menarik yang bisa sobat wisata jelajahi. Ada banyak spot foto yang instagramable yang bisa sobat wisata abadikan di kota tua. Bahkan, Tak hanya mengunjungi monumen atau tempat wisatanya, di Kota Tua Jakarta sobat wisata juga bisa bermain sepeda ontel, mencicipi kuliner khas Jakarta, juga kegiatan menarik lainnya.

Jadi, buat sobat wisata yang bosan dengan nuansa modern di era sekarang, Kota Tua Jakarta bisa menjadi tujuan liburan di akhir pekan bersama keluarga ataupun teman . Selain mengisi waktu luang dan refreshing, sobat wisata juga bisa sekaligus mempelajari sejarah dan budaya peninggalan para pahlawan di kawasan wisata Kota Tua Jakarta.

Nah, bagi sobat wisata yang penasaran dan ingin menikmati beragam tempat yang bisa dikunjungi di Kota Tua Jakarta, berikut rekomendasinya !

1. Museum Fatahillah
Museum Fatahillah merupakan ikon dari wisata Kota Tua Jakarta yang wajib sobat wisata singgahi. Arsitektur bangunan bersejarah ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam, Belanda. Di dalamnya, sobat wisata bisa melihat ruang pengadilan dan ruang bawah tanah yang dulunya digunakan sebagai penjara. Meskipun sudah direnovasi berkali-kali, sobat wisata tetap dapat merasakan nuansa kuno dan bersejarah.
Museum ini mulai buka dari jam 09:00 - 15:00 dan pada hari Senin tutup.

2. Toko Merah
Toko Merah merupakan bangunan yang diklaim sebagai bangunan tertua di Kota Tua Jakarta dan terkenal akan warnanya yang merah mencolok sehingga mencuri perhatian bagi siapapun yang tengah berwisata ke Kota Tua Jakarta. Arsitektur zaman kolonial terlihat jelas di bangunan ini karena memiliki jendela-jendela tinggi.

Beberapa kali bangunan ini beralih fungsi dan saat ini biasa digunakan sebagai tempat pameran seni atau pertunjukkan. Meskipun tidak dibuka untuk umum, sobat wisata tetap bisa menikmati kemegahan bangunan ini dari luar serta mengambil beberapa foto disini.

3. Taman Fatahillah
Untuk sobat wisata yang ingin mencoba bermain sepeda ontel, datanglah ke Taman Fatahillah yang berada tepat di depan Museum Fatahillah. Mengelilingi wisata Kota Tua Jakarta dengan sepeda ontel bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Taman Fatahillah adalah salah satu wisata Kota Tua yang paling ramai pengunjungnya. Bukan hanya bisa mempelajari sejarah, di Taman ini sobat wisata bisa berfoto bersama keluarga ataupun teman, bermain permainan khas Jakarta, dan berbagai aktivitas luar ruangan lainnya.

4. Cafe Batavia
Memiliki arsitektur kolonial dan vintage, cafe Batavia ini sering dijadikan tempat untuk photoshoot berbagai kebutuhan. Mulai dari pre-wedding, foto buku tahunan, dan lain sebagainya.

Harga makanan di Cafe Batavia Kota Tua ini juga tergolong terjangkau, berkisar dari harga Rp 20,000 hingga Rp 200,000. Nggak cuma cita rasa makananya yang lezat, menikmati makan siang atau makan malam ditemani arsitektur klasik penuh sejarah tentu akan berikan pengalaman tersendiri yang berbeda.

5. Museum Wayang
Mengunjungi tempat wisata di Kota Tua satu ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi wayang dari berbagai era dan jaman. Museum wayang ini dulunya bernama Hollandsche. Kurang lebih terdapat koleksi 4,000 wayang di dalamnya yang bisa kamu pelajari.

Selain wayang lokal, di sini kamu juga bisa menemukan wayang dari berbagai negara seperti wayang Thailand, Kamboja, Suriname, dan Tiongkok. Jam operasional Museum Wayang ini dibuka mulai dari jam 08:00 hingga 17:00 dan tutup setiap hari Senin.

6. Museum Seni Rupa dan Keramik
Tak kalah menarik dengan museum lainnya di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik bisa jadi alternatif destinasi wisata di Kota Tua Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Destinasi wisata yang satu ini menyimpan berbagai koleksi keramik dan seni rupa lainnya dari seluruh Indonesia dan Mancanegara.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang bisa sobat wisata kunjungi saat berada di Kota Tua Jakarta. Sebuah perjalanan yang bermakna tidak hanya menikmati pemandangan yang indah tapi juga mengunjungi tempat-tempat bersejarah, mengenal tradisi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: