30 Tempat Wisata Hits Dan Populer Di Purbalingga Jawa Tengah

Di balik keunikan dan keramah tamahan penduduknya, Kabupaten Purbalingga juga menyimpan banyak keberagaman wisata. Anda bisa menemukan tempat liburan yang sangat bervariasi, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner hingga wisata anti mainstream yang jarang ditemukan di tempat lain. Berikut ini daftar 30 Destinasi Wisata Purbalingga terbaru yang lagi hits dikunjungi wisatawan ini. Penasaran ?? Langsung aja yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.



1.Owabong
Obyek Wisata Air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, area gokart, waterboom, coralia, kolam ombak, water splash, zipline coaster dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari Kecamatan Bojongsari. Berjarak 4.8 km dari pusat kota Purbalingga. Owabong merupakan obyek wisata di Purbalingga yang paling ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar kota.


2.Golaga (Goa Lawa Purbalingga
GOA LAWA PURBALINGGA atau GOLAGA merupakan keajaiban alam di Indonesia, terbentuk dari endapan lava pegunungan aktif yang meleleh selama ribuan tahun. Proses pendinginan lava inilah yang mengakibatkan batuannya keras dan kuat dengan warna hitam tanpa menimbulkan stalagnit dan stalagmit.

GOA LAWA PURBALINGGA merupakan wisata goa di Purbalingga dengan daya tarik wisata alam dengan nuansa pegunungan yang sejuk, berlokasi di lereng Gunung Slamet. Suasana yang asri dan alami dengan hamparan rumput yang hijau di bawah rindangnya pohon pinus.

GOA LAWA PURBALINGGA merupakan tujuan wisata yang tepat bagi Anda untuk menyatu dengan alam, untuk sejenak meninggalkan rutinitas dan menghapus kejenuhan dengan penuh kegembiraan bersama sahabat dan orang-orang tercinta.

BACA JUGA : Menelusuri Goalawa Purbalingga, Jejak Peradaban Masa Lampau

GOA LAWA PURBALINGGA merupakan tujuan wisata di Purbalingga yang sesuai untuk mengadakan berbagai kegiatan, acara keluarga, reuni, outbound, kumpul-kumpul komunitas dengan tempat yang luas, nyaman dan bersih.

BACA JUGA : Dari Perut Bumi Hingga Puncak Wisata Purbalingga Sangat Memikat

GOA LAWA PURBALINGGA terletak di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Berjarak ± 25 Km dari Pusat Kota Purbalingga dan bias ditempuh dengan mudah selama satu jam perjalanan. Beberapa spot foto yang instagramable bisa Anda abadikan di Destinasi Wisata Goalawa Purbalingga. Diantaranya : Hamparan padang rumput, Pinus bercabang, Lampu goa warna warni, coffee shop dalam goa, ampi teater, interactive mini zoo, Taman bunga.

3.Sanggaluri
Sanggaluri Park atau Sanggar Luru Ilmu merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga. Sesuai dengan namanya yang berarti “Tempat Belajar” Sanggaluri Park menjadi taman bermain anak sekaligus wisata edukatif bagi masyarakat Purbalingga. Taman Kelinci, Taman Jepang, Istana kucing adalah wahana terbaru yang ada di Sanggaluri Park.
Lokasi Sanggaluri terletak di Jalan Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Kutasari Kecamatan Kutasari Purbalingga. Dari pusat kota Purbalingga jaraknya 7 km dan lokasinya tidak jauh dari Owabong, sekitar 5-10 menit perjalanan.

4.Soedirman Point
Soedirman Point atau yang dulu dikenal dengan Monumen Tempat lahir Jenderal Soedirman terletak di Desa Bantarbarang, KecamatanRembang. Berjarak sekitar 26 km dari kota Purbalingga.

Monumen ini berbentuk duplikat rumah tempat dilahirkannya Jenderal Soedirman lengkap dengan pendopo, masjid, perpustakaan, dan relief kegiatan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman.
Saat ini di Soedirman Point juga telah disediakan area audio visual yang memutar film-film tentang kemiliteran maupun film tentang perang gerilya.

5.Masjid Darussalam
Masjid Agung Darussalam dibangun pada tahun 1853 M atau 1269 H oleh seorang ulama setempat yang bernama KH Abdullah Ibrahim. Pembangunan dilakukan di atas tanah seluas 5.500 meter persegi. Bangunan masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Purbalingga ini memiliki ciri khas yang menonjol. Gaya arsitektur masjid yang unik dan juga megah.

Pada saat renovasi pada tahun 2002, masjid ini dibangun dengan perpaduan antara arsitektur Jawa dan Timur Tengah. Sehingga ketika dipandang sekilas seperti mengingatkan kepada keberadaan masjid yang ada di Madinah.

Masjid yang menjadi wisata religi di Purbalingga ini berada di kawasan tengah kota Purbalingga tepatnya di depan Alun alun ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah dan dipugar oleh Bupati Purbalingga, Drs. Triyono Budi Sasongko, M.Si. Dengan arsitektur yang mengadopsi Masjid Nabawi di Madinah dan berdaya tampung hingga 2500 orang.

6.Buper Munjuluhur
Bumi Perkemahan & Adventure Zone Munjuluhur merupakan area petualangan tetap yang dibangun dengan luas lebih dari 2 hektare, merupakan bagian dari bumi perkemahan yang berhasil menjadi Juara 1 pada lomba bumi perkemahan tingkat Jawa Tengah.

Fasilitas yang ada di Bumi Perkemahan Munjuluhur diantaranya : Area outbound, Aula yang menampung lebih dari 300 orang, musholla, shelter, dan MCK.

Bumi Perkemahan Munjuluhur dapat dijangkau dengan mudah karena memiliki akses jalan yang bagus. Berada dijalur antara Owabong menuju Sanggaluri.

7.Purbalingga City Park
Usman Janatin City Park merupakan taman yang berada di tengah kota Purbalingga. Selain bisa digunakan untuk wahana wisata keluarga di Purbalingga, Taman Usman Janatin juga kini telah disulap menjadi ruang aktifitas kesenian bagi komunitas seni di Purbalingga.

Berbagai fasilitas telah disediakan di Taman Usman Janatin, diantaranya ada Cafe, Gedung kesenian, Bioskop misbar, Tourist information Center (TIC).
Lokasi Taman Usman Janatin berada di Jl. Ahmad Yani No.57, Purbalingga Kidul, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

8.Petilasan Syech Jambu Karang
Petilasan Syech Jambu Karang terletak di Desa Panusupan Kecamatan Rembang ini layak menjadi tempat wisata ziarah di Purbalingga karena merupakan tempat berkhalwat/taddabur untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lokasi ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Purbalingga.

Untuk mencapai makam yang berada di puncak ardilawet diperlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Desa Panusupan Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Ardi Lawet adalah tempat dimana sebelum Syekh Jambu karang masuk Islam diwedang atau diberi pengetahuan keislaman oleh seorang ulama dari Arab.

9.Basecamp Bambangan
Jalur pendakian Gunung Slamet Via Bambangan merupakan jalur favorit bagi wisatawan yang mau mendaki Gunung Slamet. Tak heran apabila Basecamp Bambangan yang terletak di Dukuh Bambangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja selalu ramai oleh para pendaki .

Basecamp Bambangan berukuran cukup besar, sehingga bisa menampung para pendaki yang akan melakukan registrasi. Basecamp Bambangan juga dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya : Tempat istirahat, masjid, warung makan, tempat parkir motor/mobil, penjual souvenir, penitipan barang, tempat charge HP dan kamar mandi.

10.Purbasari Pancuran Mas
Purbasari Pancuran Mas adalah tempat wisata di Purbalingga yang menawarkan tidak hanya sebagai sarana rekreasi dan gathering, tetapi juga pendidikan. Berbagai sarana yang tersedia diantaranya : River world, water boom, taman burung, wisata air, planet aquarium toyoshuka, taman bermain dan konservasi rusa.

Taman Purbasari Pancuran Mas berlokasi di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Jarak tempuh dari pusat Kota Purbalingga 6,5 km atau sekitar 15 menit perjalanan.

11.Pemandian Tirta Asri Walik
Pemandian Tirta asri walik memiliki air yang bersumber dari mata air pegunungan. Kesegaran airnya membuat kita betah untuk berlama-lama. Selain airnya yang sangat bersih dan jernih, kemurnian air alami tidak akan membuat mata kita jadi perih.

Pemandian ini merupakan salah satu pemandian tertua di Kabupaten Purbalingga. Memiliki kolam renang untuk dewasa dan anak-anak yang dilengkapi dengan permainan air seperti ember tumpah, waterboom dan lain-lain.

Pemandian Tirta Asri Walik terletak di desa Kutasari, kurang lebih 5 km dari pusat kota Purbalingga. Akses kesini sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. 12.Telaga Situ Tirta Marta
Situ Tirta Marta merupakan wisata air di Purbalingga yang memiliki air sangat jernih, sehingga bisa digunakan untuk spot foto underwater. Telaga alami dibawah rindangnya pohon yang asri ini memiliki 7 sumber mata air yang kesegaran airnya dipercaya bias membuat awet muda.

Situ tirta marta terletak di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Baca Juga : Situ Tirta Marta, Wisata Spot Underwater Di Purbalingga Jateng

13.D’Las Serang
D’ Las Serang atau Rest Area Lembah Asri merupakan wisata alam di Purbalingga yang terletak di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Kesejukan udara dan panorama alam yang menakjubkan menjadi salah satu daya tarik yang ada di D’Las Serang.

Aneka spot selfie yang instagramable dan berbagai macam permainan juga tersedia disini, diantaranya : Taman Labirin, Greenhouse Strawberry, Flying fox, ATV, Kuda tunggang, Kebun bunga , Kolam bebek, Kolam renang & cottage.

14.Pancuran Ciblon
Pancuran Ciblon merupakan salah satu wisata Air yang terdapat di Kabupaten Purbalingga, tepatnya persis disebelah barat Terminal Bobotsari. Dengan Akses yang sangat mudah menuju ke Pancuran Ciblon, baik melalui jalur dari Arah Utara atau dari arah selatan.

Pancuran Ciblon di desain khusus dengan konsep natural di dalamnya. Dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan dalam berekreasi. Berbagai macam fasilitas pendukung membuat pengunjung merasa nyaman dan mendapatkan kepuasan tersendiri saat berada di dalamnya.

Berbagai aktifitas, atraksi dan permainan air juga sangat menarik, mengasyikkan dan menghibur baik anak anak, remaja maupun dewasa. Fasilitas yang tersedia diantaranya : Kolam Renang, Kolam Terapi Ikan, Arena Bermain anak, Mata Air Mudal, Pusat Kuliner, Mushola & Panggung Terbuka.

15.Flower Garden
Kutabawa Flower Garden adalah wisata alam di Purbalingga yang letaknya berada di daerah pegunungan yang menawan dengan udara yang sejuk. Dengan suguhan berbagai macam bunga layaknya di begonia Lembang.

Kutabawa Flower Garden memiliki taman bunga yang luas dan berwarna-warni. Wisata ini merupakan salah satu tempat wisata rekomendasi yang terletak di kaki Gunung Slamet .

Nah, kalau kamu suka dengan wisata alam, khususnya pegunungan, Kutabawa Flower Garden merupakan destinasi wisata yang cocok banget untuk kamu kunjungi. Tempat wisata ini memiliki wisata alam pegunungan yang asri dan indah. Suasana yang sejuk dan atmosfirnya tidak kalah asyiknya dengan Lembang Bandung ataupun dataran tinggi lainnya dengan udara yang masih segar.

16.Masjid Muhammad Cheng Hoo
Masjid Cheng Hoo Purbalingga merupakan wisata religi di Purbalingga dengan bangunan masjid berarsitektur khas Cina. Masjid yang memiliki nama resmi Masjid Jami' PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga ini berada di tepi Jalan Raya antara Purbalingga - Bobotsari. Tepatnya di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, berjarak 12 km dari Masjid Agung Purbalingga ke arah Utara.

Bangunan masjid Cheng Hoo dilengkapi atap empat tingkat serta sejumlah lampion berwarna merah di depannya. Sehingga, bentuknya menyerupai sebuah klenteng. Tak hanya bentuk, ornamen yang ada di dalamnya pun berbentuk segi delapan. Salah di antaranya adalah lafadz Allah SWT yang berada tepat di tengah-tengah langit masjid.

17.Curug sumba
Curug sumba merupakan salah satu destinasi wisata curug di purbalingga yang sangat menarik untuk dijelajahi. Nuansa keindahan alam dan juga nuansa hutan berupa pohon-pohon yang mengelilingi menjadikan curug ini memiliki suasana yang sejuk dan alami.

Curug nan eksotis ini terletak di Dusun Kemojing Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan kolam luas yang membiru airnya pada saat debit air tidak terlalu besar.Dibalik air terjun juga terdapat goa yang sempit untuk dimasuki.

Akses menuju curug sumba tergolong paling mudah, karena dekat dari jalan raya antara Purbalingga – Pemalang. Untuk sampai di curug sumba hanya diperlukan waktu sekitar 5 menit dari jalan raya.

18.Bogar (Botania Garden)
Botania Garden merupakan wisata agro di Purbalingga yang tidak hanya menawarkan wisata petik buah sendiri langsung dari pohonnya, tetapi juga memberikan paket edukasi . Diantaranya : metode pencangkokan tanaman, pembuatan pupuk organic dan perangsang buah, serta cara penanaman dan perawatannya.

Botania garden juga menyediakan sarana dan prasarana penunjang kebutuhan rekreasi bagi keluarga.

19.Susur sungai Linggamas
Berlibur dan berwisata di Kabupaten Purbalingga banyak pilihan. Salah satunya dengan menikmati wisata susur sungai di bawah jembatan yang menghubungkan antara Kabupaten Purbalingga dengan Kabupaten Banyumas atau yang kerap disebut Jembatan “Linggamas.

Menikmati sensasi menyusuri sungai Klawing menggunakan perahu wisata dan melihat-lihat kampung nelayan adalah hal yang sangat menyenangkan. Disini wisatawan banyak melihat tentang kehidupan masyarakat di sekitar sungai klawing dari mulai penambang pasir hingga belajar cara membuat jala.

Untuk naik perahu wisata, lama perjalanan sekitar 15 menit, Anda akan transit di perkebunan pepaya untuk memanen pepaya California sendiri.

Untuk wisatawan yang sudah boking paket wisata susur sungai bisa sampai ke congot yang merupakan pertemuan arus sungai serayu dan sungai klawing

Lokasi Jembatan Linggamas berada di Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon Purbalingga.

20.Camp wadas gantung
Wadas Gantung merupakan pos 1 jalur pendakian Gunung Slamet melalui basecamp Gunung Malang di ketinggian 1628m dpl.
Akses untuk menuju ke wadas gantung cukup mudah. Anda cukup melewati rumah warga, perkebunan sayuran, sedikit hutan landai, kemudian padang ilalang maka sampailah di wadas gantung.

Tempat yang menawarkan pesona sangat menakjubkan. Anda dapat menikmati negeri di atas awan dengan sunrise yang sangat eksotis serta berfoto dengan latar belakang puncak Gunung Malang.

Saat malam hari pun kamu akan dimanjakan oleh pesona milky way.

Wadas Gantung berada di kawasan Gunung Malang, tepatnya di Dusun Gerdu, Desa Serang, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Sekitar 26 km dari pusat kota Purbalingga.

21.Curug kali karang
Setiap curug memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda antara curug yang satu dengan curug yang lainnya. Sama halnya dengan curug Kali Karang yang memiliki karakteristik bertingkat dan memiliki cekungan. Dari kejauhan kita sudah bisa menyaksikan air yang turun menyusuri dinding bukit dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Curug kali karang memiliki tiga tingkatan, namun yang tampak hanya satu tingkatan karena tingkat ketiga aliran airnya berada di sela-sela dinding karang dan agak tertutup pepohonan dan tingkat kedua tertutup oleh karang. Air terjun tingkat dua tidak terlalu tinggi.

BACA JUGA : Ratusan Curug Di Purbalingga, Pesonanya Hingga Mancanegara

Dari sini kita dapat melihat cekungan seperti kolam dengan dinding-dinding batu karang. Sama seperti tingkat dua, tingkat satu hanya memiliki tinggi beberapa meter saja. Biasanya pengunjung bermain di dasar curug sambil menikmati pijatan-pijatan air dari aliran air curug.

Curug Kali Karang terletak di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Propinsi Jawa Tengah. Selain menikmati segarnya air curug, wisatawan juga bisa mencoba paket tubing. Paket wisata minat khusus yang akan menguji adrenalin Anda menyusuri sungai karang.

22.Limbasari river tubing
Ingin menguji adrenalin yang berbeda sembari menikmati jernihnya aliran sungai di pegunungan ?
Cobalah permainan Tubing (kelen) di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Keindahan dan suasana alam pedesaan di bawah kaki pegunungan Plana, semakin membuat suasana Anda tambah nyaman dan mengasyikan.

Tubing dengan memanfaatkan Sungai Tuntung Gunung ini memiliki arus yang cukup menantang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Selain tubing, Desa Wisata Limbasari juga menawarkan paket, antara lain : Paket Outbound, Paket Gendis Jawi, Paket Homestay dan Paket Rimba Kelana.

23.Klawing rafting
Sungai Klawing adalah sungai terbesar ke dua yang membelah Kabupaten Purbalingga selain Sungai Serayu. Selain memiliki kandungan potensi batu mulia yang melimpah, sungai ini juga mempunyai potensi arung jeram yang bisa dinikmati bagi pencinta rafting ataupun tubing.

Nah, bagi Anda yang bosan dengan rutinitas sehari-hari dan butuh pelepasan, Cobalah rafting dan river tubing dengan menyusuri derasnya sungai Klawing yang mempunyai banyak variasi jeram yang menantang.

Gemuruh air, derasnya arus dan perjuangan mengendalikan perahu atau ban karet di antara batu-batu besar bakal memacu adrenalin. Medan yang dilalui pun ada beberapa pilihan. Mau trip pendek atau trip panjang.

Paket wisata Klawing Rafting dimulai dari Desa Banjarsari Kecamatan Bobotsari dan diakhiri di sektor Base Came Onje di Desa Onje, Kecamatan Mrebet Purbalingga. Pada trip arung jeram sepanjang sekitar 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam.

24.Sefa garden
Sefa Garden merupakan d
estinasi wisata keluarga yang menawarkan pengalaman berbeda dalam berwisata. Menyuguhkan wisata petik buah jambu madu yang dipadu dengan taman yang tertata rapi dengan spot foto kekinian dan dua buah kolam renang yang siap menyegarkan anda.

Rindangnya pepohonan nan hijau yang dibawahnya terdapat gazebo-gazebo unik akan menambah kenyamanan takkala anda duduk santai bersama keluarga. Apalagi sambil makan rujak yang buahnya bisa langsung anda petik sendiri.

Untuk fasilitas yang tersedia diantaranya adalah : Area parkir, Gazebo, Aula, Spot foto, Kolam renang, Kamar ganti, Kebun buah jambu madu, Mushola dan Toilet.

Lokasi Sefa Garden berada di Dusun 5 Desa Karangcengis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53882. Bisa ditempuh dari pusat kota Purbalingga sekitar 30 menit perjalanan.

25.Rainbow kutabawa
Rainbow Garden merupakan daya tarik wisata alam berupa taman bunga dengan nuansa pegunungan yang sejuk, bersih dan nyaman . Memiliki nuasana alam yang masih asri dan alami dengan aneka bunga warna warni dan spot foto yang instagramable.

Rainbow Garden Kutabawa merupakan tujuan wisata yang tepat bagi Anda untuk menyatu dengan alam, untuk sejenak meninggalkan rutinitas dan menghapus kejenuhan dengan refreshing yang penuh kegembiraan bersama sahabat dan orang-orang tercinta.

Rainbow Garden terletak di Lereng Gunung Slamet Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Berjarak ± 27 Km dari Pusat Kota Purbalingga dan bisa ditempuh dengan mudah selama satu jam perjalanan. Jam buka mulai pukul 08.00 - 17.00 Wib setiap hari.

26.Bendina hills
Menikmati sejuknya udara pegunungan dibawah rindangnya pohon pinus sambil menikmati jagung bakar bisa anda temukan di Bendina Hills yang terletak di Desa Karangreja Kecamatan Karangreja.

Anda juga bisa berkuda melewati jalanan yang sudah disediakan, mencoba sensasi karpet terbang dan wahana spot-spot selfie lainnya siap anda abadikan untuk dijadikan kenangan selama anda bersantai di Bendina Hills. Aktifitas lain adalah menikmati segarnya air pegunungan dengan bermain air di kolam renang yang berada di bawah rerimbunan pohon pinus.

27.Bukit njelir
Puaskan hasrat petualangan Anda dengan melakukan camping ke Bukit Njelir. Bukit yang terletak diperbatasan antara Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Pemalang ini menjadi tempat menikmati sunrise terbaik di Purbalingga .

Anda bisa menikmati terbitnya matahari, melihat kokohnya Gunung Slamet dan melihat pemandangan malam Kota Purbalingga dari atas Bukit yang mempunyai ketinggian 1000 mdpl.

Untuk bisa sampai di Bukit Njelir Anda hanya membutuhkan waktu 45 menit berjalan kaki dari Golaga. Hamparan kebun nanas akan menjadi suguhan anda selama perjalanan. Udara sejuk pegunungan dan pemandangan indah yang ditawarkan pasti mampu menutup lelahnya perjalanan.

28.Sekar bintang
Spot Selfie Sekar Bintang merupakan destinasi wisata keluarga yang memadukan keindahan bunga warna warni, kebun binatang, spot foto dan udara yang sejuk. Letaknya berada di Dukuh Kali Urip Rt 05/05, Desa Serang Kec. Karangreja.

Spot Selfie Sekar Bintang menawarkan tempat menarik untuk berwisata yang nyaman, karena memiliki hawa yang sejuk sehingga sangat cocok untuk bersantai ria di gazebo yang telah tersedia.

Beberapa Spot Selfie unik yang instagramable juga terdapat disini, diantaranya : Jendela Cinta, Gate Flower, Sayap Rajawali, Gazebo Love, Gazebo Waru, Penjara Cinta, Candi Slamet, Omah Anteng, Rumben, Pojok Sunyi, Sayap Sekar Bintang, Ballstar, Kupu-kupu, Cangkir, Love, Lawang Tresno, AkarBatu, Sayap Bidadari dan masih banyak spot lainnya.

29.Bukit mertelu
Bukit Mertelu berada di ketinggian 913 Mdpl dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Purbalingga. Perjalanan ke Bukit Mertelu melalui jalan kabupaten menuju Serang, ada plang ke kanan yang menunjukan kearah Bukit Mertelu. Sesampai di areal parkir kendaraan, Anda naik ke atas bukit kurang lebih 1,5 km sampai ke puncaknya.

Bukit Mertelu menawarkan spot-spot untuk selfie dengan gaya wisata kekinian. Pemandangan di bukit Mertelu dapat dilihat 360 derajat atau dapat melihat sisi selatan, barat, utara dan timur. Bahkan Kota Purwokerto, Kota Purbalingga hingga Gunung Slamet dapat terlihat dari sini saat cuaca cerah.

30.Puncak Sendaren
Pesona keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi saat anda berada di Purbalingga. Untuk sampai puncaknya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Puncak dengan ketinggian 682 Mdpl ini memberikan sensasi berbeda saat anda mengunjunginya.

Deretan perbukitan yang menghijau, semilir angin dan langit biru cerah berpadu dengan Gunung Slamet dikejauhan membentuk lukisan alam yang menyejukan hati. Pesona keindahan alam yang terlihat dari jembatan selfi atau jembatan atas awan kaliandra sungguh memikat hati. Perjuangan untuk mencapai puncaknya akan terbayar lunas dengan keindahannya.

Beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya :
Area Parkir kendaraan, Mushola, Kamar mandi / MCK, Tempat Istirahat dan masih banyak lainya.

Lokasi
Alamat lengkap wisata puncak sendaren berada di Jl. Ardi Lawet, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: