Diklat Satgas Karang Taruna 2019 Hasilkan Pemuda Berjiwa Tangguh

Karang Taruna Kabupaten Purbalingga menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Satuan Petugas (Satgas) selama dua hari di lapangan Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari dan Bumi Perkemahan (Buper) Munjulluhur Bojongsari, Sabtu-Minggu (26-27/10). Kegiatan ini di ikuti oleh 100 peserta dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan mengatakan, diklat digelar untuk menanamkan rasa disiplin dan mendidik satgas yang berkarakter handal dan berjiwa tangguh. Nantinya, satgas menjadi garda terdepan karang taruna."Satgas akan membantu tugas-tugas seperti pengamanan, kebencanaan dan sejenisnya," katanya.

Hari pertama peserta dibekali dengan wawasan kebangsaan dari Kodim 0702 Purbalingga untuk menamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Kemudian penanganan kamtibmas oleh Polres Purbalingga untuk ikut bertanggung jawab menjaga kambtibmas di wilayah mereka.

Sorenya peserta mengikuti outbound untuk membangun kebersamaan dan juga mengikuti caraka malam untuk menanamkan jiwa keberanian dan kemandirian. Sebelum mengikuti caraka malam, instruktur menyampaikan apa itu caraka malam dan pengenalan medan yang akan dilalui sebelum dilakukan pembaretan. Caraka malam berakhir hingga pukul 04.00 dinihari.

Hari kedua kegiatan diawali dengan senam pagi yang dilanjut dengan outbound di Buper Munjulluhur. Ada 4 game ala militer yang harus di selesaikan peserta Diklat Satgas. Game yang penuh tantangan ini tentunya memberikan pengalaman yang berbeda bagi peserta .

Ketua Panitia, Imam Yahdi Arif Fahrudin mengatakan setelah didiklat, masing-masing satgas diharap berperan aktif dalam kegiatan di wikayah kecamatan. Pihak kecamatan juga diharapkan ikut memberdayakan Karang Taruna dan Satgas di setiap kegiatan."Di tahun berikutnya, targetnya Satgas Karang Taruna desa terbentuk dengan fungsi yang sama," imbuhnya.



Download Foto Kegiatan DISINI

Cek Video YOUTUBE KARANG TARUNA Klik DISINI

Blog personal untuk berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: