Cek Status Bansos Secara Online, Cukup Menggunakan Nama Anda

Bagi masyarakat Jawa Tengah yang ingin tahu NIK dan No KK nya tercantum atau tidak dalam daftar data penerima bantuan sosial (BANSOS), sekarang caranya cukup mudah. Hanya dengan mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara online,maka sudah bisa diketahui apakah seseorang mendapatkan BANSOS atau tidak. Sistem Cari BDT tersebut sudah di perbarui menggunakan data DTKS/BDT terbaru bulan Januari tahun 2020.



Hanya dengan melihat NIK pada KTP yang di miliki, dapat diketahui penduduk tersebut kategori miskin atau tidak. Bahkan bagi yang tidak memiliki KTP sekalipun, masih dapat mengecek menggunakan NIK yang juga tercantum pada Kartu Keluarga (KK)

Dengan demikian semuanya dapat dengan mudah di cek. Khususnya bagi layanan masyarakat yang berbasis teknologi informasi, bisa dengan cepat mengakses untuk mendapatkan informasi keluarga yang tergolong miskin atau. tidak.

Ada tiga menu pilihan yang bisa anda gunakan untuk mengecek status bansos, caranya yaitu :
1. Dengan memasukkan NIK
Cara ini digunakan untuk mengecek penerima PKH, KIS/PBI(BPJS), KIP(Kartu Indonesia Pintar) dan BSP(Bantuan Sosial Pangan) dapat dilakukan di pencarian ini. Anda cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kotak yang tersedia lalu tekan submit.
Contoh :


2. Dengan memasukkan No KK
Cara ini digunakan untuk cek ranking kategori kemiskinan yang dapat dilakukan di pencarian ini. Desil 1 = Sangat Miskin, Desil 2 = Miskin, Desil 3 = Hampir Miskin, Desil 4 = Rentan Miskin,Desil lebih dari 4 = Mampu (Non Kategori). Caranya anda cukup memasukkan No KK pada kotak yang tersedia lalu tekan submit.
Contoh :


3. Dengan memasukkan nama
Cara ketiga yaitu dengan memasukkan nama. Supaya pencarian Nama tidak terlalu luas, anda masuk ke pilih Kab/Kota sampai dengan Desa/Kelurahan lalu ketik nama anda dan tekan submit.
Contoh :



Demikianlah artiket terkait cara cek status bansos secara online.Untuk dapat mengakses layanan Bansos di Dinsos Provinsi Jateng anda bisa langsung klik link DISINI

Bagi Anda yang ingin mengecek kepesertaan Bansos Covid-19 di Kemensos seperti yang terdapat di laman Kompas bisa langsung cek DISINI
Contoh Cek Bansos di laman Kemensos :


BACA JUGA :
Mudik Ke Purbalingga, Anda Wajib Lakukan Ini !!!
Himbauan Pemerintah dalam mengatasi Wabah Corona







#CekBansos #CekBansosOnline #CaraCekBansos #CaraCekBansosSecaraOnline #CekBansosOnline #CekStatusBansos

Visit Purbalingga berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: