Grojogan Ratu Baturaden, Tempat Yang Hits Di Purwokerto

Jika Anda ingin berwisata bersama keluarga ataupun sahabat, hal pertama yang harus di lakukan adalah menentukan destinasi wisata yang akan menjadi tujuan wisata anda. Anda mungkin berpikir bahwa liburan adalah cara paling tepat untuk merefresh otak kita setelah sepekan disibukkan dengan pekerjaan agar kembali segar.

Nah, bagi Anda yang sedang berwisata ke Purwokerto, tak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini. Berlokasi di selatan Lereng Gunung Slamet, Desa Karangsalam menjadi pesona desa wisata di Kabupaten Banyumas. Ada beberapa Destinasi wisata di Desa Wisata Karangsalam, diantaranya Grojogan Ratu, CAUB, Curug telu. Curug atau air terjun menjadi ikon kekayaan alam yang disekitarnya terdapat areal sawah berundak yang jauh dari kebisingan kota.

Potensi alam di Desa Karangsalam berada di atas tanah kepemilikan warga menjadi pengembangan ekonomi pedesaan. Salah satu potensi yang dikelola warga yakni Grojogan Ratu yang awal mulanya merupakan aliran irigasi sawah di sela-sela bebatuan.

Destinasi Wisata Curug Grojogan Ratu
Grojogan dalam bahasa jawa berarti air yang jatuh dari atas ke bawah, dalam artian lain juga bisa berarti curug.Saya sendiri kurang paham kenapa dinamakan Grojogan Ratu, tapi mungkin karena tidak tinggi atau karena bukan dari aliran sungai yang deras. Ya grojogan ratu berada di Desa Wisata Karangsalam, Baturaden, Banyumas.

Letaknya Persis di pinggir jalan, sehingga dari jalan raya air terjun ini sudah terlihat. Saat kami datang, Destinasi wisata Grojogan Ratu sedang berbenah. Di area Parkir dan taman-taman di dalam area wisata sedang di tanam pepohonan dan bunga-bunga nan cantik. Kantin, musholla dan saung-saung di sekitar air terjun juga terlihat masih baru di bangun.

Bagi Sobat Wisata yang ingin berselfie dengan panorama air terjun ini, jika lagi ramai harus sabar dan antri. Karena rasanya kurang asyik kalau pengin selfie sendirian tapi di sebelahnya juga ada yang lagi selfie entah dengan gaya apa. Apalagi Destinasi wisata Curug Grojogan Ratu meskipun sudah lama ada namun masih terbilang baru dengan penambahan spot-spot foto yang keren, animo pengunjung sangat tinggi hingga akhir-akhir ini menjadi viral. Untuk menikmati keindahan wisata alam ini, Sobat wisata tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Pada saat kita berkunjung kesana Cuma dikenakan tiket parkir motor sebesar Rp 2.000,- (Tiket sewaktu-waktu bisa berubah).

Karena waktu sudah lewat jam 13.00 kami liat banyak juga pengunjung yang memesan makan siang. Jadi di sini pengunjung juga bisa menikmati makanan minuman sambil menikmati air terjun dan taman. Air terjunnya sendiri mirip tumpahan air yang mengalir di tebing batu sehingga unik berbentuk tirai air. Sementara di atasnya berupa kebun yang hijau jadi bukan seperti air terjun pada umumnya.

Lokasi Curug Grojogan Ratu

Curug Grojogan terletak di Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Untuk menuju Grojogan Ratu dari pusat kota Purwokerto arahkan kendaraan Anda menuju Baturaden. Sebelum gerbang wisata baturaden atau manggala belok kanan menuju Desa Wisata Karangsalam.

Lihat Google Map

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: