Menu Kuliner Lebaran Paling Favorit | Yang Terakhir Hampir Ada Di Tiap Rumah

Momen yang paling ditunggu setelah satu bulan penuh berpuasa, ialah Hari Raya Lebaran. Berbicara tentang Lebaran, memang tidak lepas dari tradisi mudik, bermaaf-maafan sampai dengan beli baju baru. Tidak hanya itu saja, acara menyantap kuliner khas Lebaran juga menjadi hal yang ditunggu dan pasti banyak dari Anda yang merindukan makanan yang identik dengan berbagai makanan khas yang lezat.

Apakah kamu termasuk yang menunggu-nunggu lezatnya ragam kuliner khas Lebaran? Nah beberapa menu makanan khas lebaran ini biasa kita jumpai di meja makan :

1. Ketupat
Berbicara soal makanan khas Lebaran di Indonesia, ketupat merupakan salah satu ikon kuliner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia.

Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi. Kuliner khas Lebaran di Nusantara ini berupa beras yang dimasak dalam bungkusan anyaman daun kelapa muda. Saking populernya makanan khas Lebaran Indonesia satu ini, sampai-sampai ornamen ketupat menjadi bagian dari dekorasi hari Lebaran yang cukup populer.

2. Opor Ayam
Untuk melengkapi santapan ketupat di hari Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya adalah opor ayam. Makanan yang satu ini merupakan teman sejati dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari.

Makanan khas Lebaran ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui beragam rempah ini menjadi pasangan yang pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada hari raya Idul Fitri.

3. Sambal Goreng Ati
Makanan khas Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah sambal goreng ati, yang bisa melengkapi sajian ketupat di hari Lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kuliner khas Idul Fitri ini terbuat dari ragam rempah yang dimasak bersama ati dan sayur seperti buncis atau kentang.

Sambal Goreng Ati merupakan menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. Makanan yang cenderung pedas ini ternyata juga mempunyai bermacam jenis.

Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu dipadukan dengan ati rempela yang juga dipotong dadu. Makanan ini cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.

4. Rendang
Rendang adalah kuliner khas asal Padang yang popularitasnya bahkan sudah mendunia. Makanan lezat ini juga menjadi salah satu menu wajib yang akan kita temui saat Lebaran.Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

5. Rempeyek Kacang
Rempeyek merupakan camilan yang paling disukai oleh orang Indonesia. Teksturnya yang tipis dan renyah, dengan cita rasa gurih dan tidak bikin perut kenyang saat memakannya menjadi alasan mengapa makanan ringan satu ini disukai banyak orang. Saat Hari Raya Idul Fitri, makanan ini kerap disandingkan di meja ruang tamu maupun di meja makan. Rasanya yang gurih, membuat peyek kacang sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan maupun pelengkap makan.

Yang terakhir ada Biskuit Khong Guan
Khong Guan merupakan salah satu biskuit legendaris yang selalu hadir disaat Lebaran tiba. Biasanya biskuit Khong Guan yang banyak ditemui yakni dalam kemasan kaleng.

Dalam satu kaleng biskuit Khong Guan, terdapat sejumlah biskuit dan wafer aneka rasa. Tapi, di antara beragam biskuit, yang paling diincar kebanyakan orang ialah wafer coklat yang terbungkus plastik di bagian paling atas.

Tapi hati-hati kalau nemuin menu khas yang satu ini, karena banyak masyarakat khususnya di jawa yang kena jebakan batman dengan tampilan biskuit Khong Guan. Gimana enggak, saat ngarep nemu wafer dan biskuit enak dalam kaleng, eh malah nemunya rengginang. Pupus harapan, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan ialah mengelus dada dan ikhlas mendapatkan sang rengginang.

Itulah beberapa kuliner khas lebaran yang biasa kita temui saat hari raya idul fitri. Selain berbagai kuliner khas Lebaran tersebut, tentu masih banyak sekali makanan khas Indonesia lainnya yang bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia.
Mana yang jadi pilihan favoritmu?

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: