Jumat, 13 April 2018

Olahan Nanas Jadi Produk Unggulan Khas Desa Wisata Siwarak

Nanas Madu Siwarak
VisitPurbalingga.com - Memanfaatkan melimpahnya buah nanas yang ada di Desa Wisata Siwarak membuat warga desa mulai jeli mengambil peluang dengan menjadikan buah nanas menjadi  produk-produk olahan makanan. Kini berbagai jenis produk olahan nanas mulai bermunculan dan ada di Pusat oleh-oleh khas Purbalingga. Ini bisa menjadi oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Purbalingga. Yaaa.... seperti kita ketahui bahwa mayoritas warga Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja sekarang beralih ke petani nanas. Karena pangsa pasar yang sangat menjanjikan . Nanas madu Siwarak ukurannya lebih besar dan lebih manis, tak heran apabila pangsa pasarnya bisa menembus pasar nasional dan bisa memasok jaringan ritel besar di Jakarta dan di kota besar lainnya.
Agro Wisata Nanas Di Purbalingga
Berawal dari beberapa kali diadakannya lomba kreasi olahan nanas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Siwarak yang bekerja sama dengan mahasiswa KKN dari beberapa Perguruan Tinggi kini mulai menyadarkan warga masyarakat Desa Siwarak khususnya ibu-ibu yang mulai gemar membuat kreasi olahan buah nanas. Hasilnya beberapa produk olahan nanas seperti coctail nanas, pine nanas, setup nanas, dodol nanas, saos nanas dan beberapa produk olahan lainnya mulai beredar di pusat oleh-oleh. 
Kreasi Nanas Siwarak
Selain produk olahan nanas di Desa Wisata Siwarak juga ada produk lain seperti manisan pepaya, manisan cermai, noga kacang, jenang klamud. Bahkan produk makanan khas ini pangsa pasarnya sudah sampai cirebon, indramayu dan kota-kota besar lainnya. Banyaknya home industri menjadikan Desa Wisata Siwarak mempunyai beraneka ragam makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh saat wisatawan berkunjung ke Obyek Wisata Goalawa atau ke Desa Wisata Siwarak.
Khas Purbalingga
 So... Jangan lupa yaa kalau kalian ke Desa Wisata Siwarak beli oleh olehnya yang khas ajja... Selain bisa membeli nanas yang banyak tersedia di parkiran atau pintu masuk Goalawa,  kalian juga bisa dapatkan produk olahan nanas di sekitaran sini .

0 komentar:

Terima Kasih telah meninggalkan Komentar!!!
Komentar dengan bijak, sopan,tidak menghina agama, ras atau etnis tertentu akan sangat dihargai.

Posting Komentar