Tujuh Event Unggulan Yang Purbalingga Banget Ini Wajib Anda Ketahui

Visit Purbalingga - Pariwisata di Kabupaten Purbalingga makin menggeliat dan terus dikembangkan. Sebagai Kota kecil dengan kebudayaan yang beragam dan potensi alam yang terbentang luas, tentunya ini menjadi anugrah yang mesti disyukuri, terus dijaga dan dilestarikan.  Tak heran apabila akhir-akhir ini Kabupaten Purbalingga menggencarkan tagline Purbalingga Sejuta Pesona dan Purbalingga Memikat . Upaya tersebut guna mempromosikan obyek wisata purbalingga jateng agar semakin berkembang dengan pesat.

Beberapa event unggulan yang "Purbalingga banget" pun sudah dipersiapkan guna mendongkrak kunjungan wisatawan untuk datang ke Purbalingga. Apalagi dengan dibangunnya Bandara Jendral Soedirman dan exit tol pemalang. Pemkab Purbalingga harus mengambil peluang dengan mengembangkan sektor pariwisata guna mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. Kunjungan wisatawan ke Purbalingga tahun ini menempati peringkat ke-empat kunjungan wisata di Jateng.

Bicara mengenai event unggulan yang akan digelar di Kabupaten Purbalingga, ternyata sudah dipersiapkan tujuh event yang bisa dijadikan referensi Anda untuk datang dan menyaksikan langsung euforia Purbalingga. Tujuh event itu antara lain :

1. Festival Gerilya Soedirman
Purbalingga memang tempat lahir Panglima Besar Soedirman. Tahun lalu Festival Soedirman dibuka oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Nah tahun-tahun berikutnya Festival Gerilya Soedirman dijadikan event unggulan Kabupaten Purbalingga demi mengangkat destinasi wisata Monumen Tempat lahir Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Agenda : lomba lari tandu, pentas seni budaya, pameran peralatan perang Jenderal Soedirman dll . Festival Gerilya Soedirman akan dilaksanakan pada tanggal 24 - 27 Januari 2019.

2. Festival Petani Nusantara
Petani adalah prajurit sejati yang rela berkorban demi membela ketersediaan bahan pangan. Secara tidak langsung, dengan adanya Festival Petani Nusantara tersirat pesan atau ajakan supaya masyarakat selalu menghormati petani. Caranya ya dengan membeli buah ataupun sayuran dari hasil pertanian kita sendiri. Festival Petani Nusantara akan menampilkan berbagai alat pertanian dari berbagai wilayah di Indonesia. Festival akan digelar di Desa Patemon Kecamatan Bojongsari pada 26 April 2019.

3. Purbalingga Muffler & Automotive Festival
Purbalingga menjadi sentra industri knalpot terbesar di Indonesia. Salah satu desa yang hampir 70% warganya menggantungkan hidup dari industri knalpot adalah Desa Pesayangan. Warga disini sudah sangat terampil membuat knalpot. Tak heran apabila ada sebuah patung manusia berukuran besar kokoh berdiri di pertigaan yang menuju ke Jalan Jenderal DI Panjaitan, Kabupaten Purbalingga. Patung seseorang yang sedang membuat knalpot itulah simbol Purbalingga sebagai produsen knalpot terbesar. Purbalingga Muffler & Automotive Festival akan menampilkan berbagai produk knalpot dan automotive yang menggunakan modifikasi knalpot Purbalingga.

4. Festival Rambut / Hair Festival
Selain dikenal sebagai industri knalpot terbesar di Indonesia, Kabupaten Purbalingga juga di kenal dengan industri rambut palsu pertama di Indonesia. Sejarah awal mula adanya rambut sambung atau rambut palsu seperti sanggul, wig dan bulu mata itu berasal dari Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari sekitar tahun 1950 - 1951. Festival Rambut akan menampilkan asesoris berbagai macam rambut palsu ( wig, bulu mata, sanggul dll)

5. Tour De Purbalingga
Banyaknya potensi alam yang menyuguhkan keindahan alam  khas pedesaan, Kabupaten Purbalingga banyak menjadi tujuan wisata, bahkan menduduki urutan keempat kunjungan wisatawan ke Jateng. Tour De Purbalingga menjadi salah satu festival  atau lomba sepeda dengan mengelilingi Purbalingga. Disini peserta akan diajak berkeliling Purbalingga melewati destinasi wisata unggulan sembali menikmati kuliner dan pertunjukan seni tradisional

6. Klawing Playon Sonten
Beberapa waktu lalu Klawing Playon Sonten pernah digelar dan sempat viral di sosmed lantaran tokoh sumanto si manusia kanibal yang menjadi icon pada acara tersebut. Pro kontra yang mendapatkan sorotan negatif dari warganet lantaran sumanto yang memiliki sejarah kelam pada 2003 silam dihaadirkan dalam tajuk "Klawing Playon Sonten, Lari dikejar Sumanto
Klawing playon sonten akan kembali digelar pada 7 - 8 September 2019 untuk mengenalkan wisata malamnya Purbalingga. Destinasi wisata ini nantinya akan menghidupkan suasana wisata malam di Purbalingga. Selama ini, daya tarik wisata di Purbalingga hanya buka di siang hari. Baru Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas yang sudah mulai membuka wisata malam dengan wahana PURNAMA (Purbasari Nuansa Malam).

7. Festival Gunung Slamet
Festival Gunung Slamet sudah digelar untuk yang keempat kalinya di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja. Festival yang mengangkat kearifan lokal masyarakat setempat ini juga dijadikan event unggulan Kabupaten Purbalingga. Festival Gunung Slamet menampilkan agenda :pengambilan mata air sikopyah, ruwatan, perang tomat, pentas seni tradisional, dan musik lembut yang menghadirkan artis papan atas. Festival Gunung Slamet akan digelar pada 26 - 28 September 2018

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai  Tujuh Event Unggulan Kabupaten Purbalingga yang wajib diketahui sebagai referensi Anda untuk mempersiapkan dan menyaksikan secara langsung acara-acara tersebut.

Blog personal untuk berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

Disqus Comments