Kalong Raksasa Penghuni Makam Kuno Dusun Bandingan Karangjambu

Sekitar 32 Km dari Pusat Kota Purbalingga terdapatlah wisata budaya di Dusun Bandingan, yang terletak di Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu. Dusun Bandingan hingga saat ini masih memiliki ribuan kalong raksasa yang bergelantungan disiang hari diantara pepohonan yang terdapat di Situs Cagar Budaya "Bandingan". Hewan sejenis kelelawar yang berbentuk lebih besar ini mempunyai kepakan sayap selebar bentangan tangan orang dewasa.

Dari cerita turun temurun masyarakat desa tersebut, puluhan ribu binatang mamalia itu mulai bersarang dikomplek makam sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun silam. Kalong-kalong itu berkembang biak di situs cagar budaya hingga populasiny makin banyak. Dari kejauhan hanya terlihat pohon-pohon besar yang hijau dan rindang dan saat di dekati maka akan terlihat dengan jelas ribuan kalong yang memanfaatkan pohon besar tersebut untuk bergelantungan. Hingga banyak orang yang menyebutnya wit kalong.

Hingga saat ini tidak ada warga desa yang berani mengambil kalong tersebut jika memang benar-benar tidak memerlukan untuk obat dan keperluan mendesak lainnya. Tempat tersebut masih dipercaya warga sekitar jika mengambil kalong dengan berburu atau secara paksa maka orang tersebut akan celaka. Kepercayaan adanya makam keramat tersebut karena ditempat itu ada bagian tubuh syeh jambukarang yang merupakan tokoh religi yang tak lepas dari babad Purbalingga.

Blog personal untuk berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments:

Paket Wisata Minat Khusus