Deswita Serang Tuan Rumah Jambore Pokdarwis Ke 16 Tingkat Jateng

Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ke-16 Tingkat Provinsi Jawa Tengah akan digelar 26-28 Juli 2019 mendatang di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jambore akan diikuti utusan 35 pokdarwis yang mewakili masing-masing kabupaten/kota di Jateng.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga & Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinung Nugroho Rahmadi menyatakan, di Jateng saat ini terdapat 224 desa wisata yang memiliki kearifan lokal masing-masing. Dari desa wisata sebanyak itu, jumlah pokdarwisnya tercatat sebanyak 560 kelompok.

Dengan jumlah desa wisata dan pokdarwis yang terus berkembang, Pemprov Jateng perlu memberikan apresiasi dan pembinaan yang terus menerus.
''Melalui Jambore pokdarwis, para pelaku wisata diharapkan semakin sadar pentingnya sapta pesona sadar wisata. Dengan jambore, diharapkan juga terjalin jejaring pemasaran desa wisata,'' katanya.

Dia merinci, konsep kegiatan jambore pokdarwis dimulai dari pre test kepada seluruh peserta, pengenalan daya tarik wisata, aksi dan tanggap sapta pesona, paparan profil, program dan tanggap sapta pesona dari masing-masing pokdarwis, fun game dan studi kasus, serta gelar produk dan kesenian dari pokdarwis se-Jateng.

Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, menyambut baik gelaran Jambore Pokdarwis tingkat Jateng yang dipusatkan di Purbalingga. Dengan adanya ribuan tamu, diharapkan bisa menjadi sarana promosi wisata Purbalingga serta menggerakkan ekonomi masyarakat.

''Tempat wisata yang menjadi lokasi jambore, paling tidak akan mendapat dampak ekonomi yang positif. Begitu juga dengan penginapan di homestay atau bahkan di wilayah kota Purbalingga,'' katanya.

Blog personal untuk berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments:

Paket Wisata Minat Khusus