Tempat Ini Wajib Dikunjungi Saat Mudik Ke Purbalingga

Mudik lebaran ke kampung halaman sudah menjadi rutinitas umat Islam di Indonesia saat hari Lebaran tiba. Mengunjungi kampung yang menjadi tempat lahir merupakan sebuah kesempatan untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar. Bahkan tak hanya menjadi ajang berkumpul saja, mudik juga dijadikan sebagai salah satu cara untuk liburan bersama keluarga di kampung halaman.

Nah, bagi Anda yang merasakan sensasinya Mudik lebaran rasanya belum lengkap kalau Anda belum mengunjungi tempat-tempat wisata di Kabupaten Purbalingga. Ada banyak tempat wisata yang lagi hits di Purbalingga yang bisa dijadikan pilihan Anda saat libur lebaran nanti.

Bagi Anda yang merayakan libur lebaran di kampung halaman khususnya disekitaran kawasan Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, kini tidak perlu kwatir lagi untuk mengisi libur lebaran bersama keluarga, teman maupun sahabat. Karena banyak ragam tempat yang menjadi destinasi liburan favorit yang dapat Anda kunjungi di Kabupaten Purbalingga.

Seperti yang kita ketahui, Kabupaten Purbalingga banyak menyimpan beragam tempat liburan yang dapat menjadi tujuan Pesona Mudik Lebaran . Mulai dari tempat wisata alam, wisata religi, hingga wisata buatan.
Jika Anda masih bingung menentukan tempat wisata di Purbalingga yang akan dikunjungi saat hari libur lebaran nanti, Visit Purbalingga telah merangkum beberapa destinasi wisata yang patut disambangi saat libur lebaran. Apa saja?

1. Owabong
Owabong atau Obyek Wisata Air Bojongsari merupakan wisata favorit di Purbalingga. Menyambut libur lebaran 2019 Owabong juga telah mempersiapkan wahana baru diantaranya ada water splash. Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, area gokart, waterboom, coralia, kolam ombak, water splash, zipline coaster dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari Kecamatan Bojongsari. Berjarak 4.8 km dari pusat kota Purbalingga.


2. Golaga (Goa Lawa Purbalingga)
Golaga atau Goa Lawa Purbalingga adalah wisata di Purbalingga yang mempunyai daya tarik berupa goa dan menjadi wisata yang lagi hits di Purbalingga. Lava Coffee shop menjadi salah satu daya tarik baru di golaga yang banyak diminati wisatawan. Dalam menyambut libur lebaran di Golaga juga telah dilakukan persiapan dengan menambah beberapa wahana baru, diantaranya ada Amphi Theater, Glamping (Glamour Camping), taman bunga dan beberapa spot selfie yang instagramable.

HARGA TIKET TERBARU GOLAGA - GOA LAWA PURBALINGGA PER 1 JULI 2019
SENIN - JUMAT Rp. 15.000,-
SABTU - MINGGU - HARI LIBUR Rp. 20.000,-
Di atas 3 tahun bayar penuh


3. D'Las - Desa Wisata Serang
D'Las Serang atau Rest Area Serang adalah tempat wisata alam di Purbalingga yang terletak di Desa Wisata Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Kesejukan udara dan panorama alam yang menakjubkan menjadi salah satu daya tarik yang ada di Desa Wisata Serang.
Aneka spot selfie yang instagramable dan berbagai macam permainan juga tersedia disini, diantaranya : Taman Labirin, Taman Strawberry, Flying fox, ATV, Kuda tunggang, Kebun bunga serang, Kolam bebek dan lain-lain.
Selain d'las Serang, di Desa Wisata Serang juga banyak terdapat wahana lain, diantaranya : Serang Highland, Kampung Kurcaci, Damaran Forest, Pinesan, Pudang Mas.

4. Purbasari Pancuran Mas
Purbasari Pancuran Mas adalah tempat wisata di Purbalingga yang menawarkan tidak hanya sebagai sarana rekreasi dan gathering, tetapi juga pendidikan. Berbagai sarana yang tersedia diantaranya : River world, water boom, taman burung, wisata air, planet aquarium toyoshuka, taman bermain dan konservasi rusa.
Taman Purbasari Pancuran Mas berlokasi di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Jarak tempuh dari pusat Kota Purbalingga 6,5 km atau sekitar 15 menit perjalanan.

5. Sanggaluri Park
Sanggaluri Park atau Sanggar Luru Ilmu merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga. Sesuai dengan namanya yang berarti "Tempat Belajar" Sanggaluri Park merupakan taman bermain anak sekaligus wisata edukatif bagi masyarakat purbalingga. Taman kelinci, Taman jepang, Istana kucing adalah wsata terbaru yang ada di Sanggaluri Park
Lokasi Sanggaluri terletak di Jalan Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Kutasari Kecamatan Kutasari Purbalingga. Dari pusat kota Purbalingga jaraknya 7 km dan lokasinya tidak jauh dari Owabong, sekitar 5-10 menit perjalanan.

6. Kutabawa Flower Garden
Kutabawa Flower Garden adalah wisata alam di Purbalingga yang berada di daerah pegunungan yang menawan dengan udara yang sejuk. Dengan suguhan berbagai macam bunga layaknya di begonia Lembang.
Kutabawa Flower Garden memiliki taman bunga yang luas dan berwarna-warni. Wisata ini merupakan salah satu tempat wisata rekomendasi yang terletak di kaki Gunung Slamet .
Nah, kalau kamu suka dengan wisata alam, khususnya pegunungan, Kutabawa Flower Garden merupakan destinasi wisata yang cocok banget untuk kamu kunjungi. Tempat wisata ini memiliki wisata alam pegunungan yang asri dan indah. Suasana yang sejuk dan atmosfirnya tidak kalah asyiknya dengan Lembang Bandung ataupun dataran tinggi lainnya dengan udara yang masih segar.

7. Damaran Forest
Damaran Forest merupakan wana wisata di Purbalingga yang terletak di Jl Serang - Pengalusan,Desa Serang Kecamatan Karangreja Kab Purbalingga. Menyuguhkan hamparan pohon damar yang menjulang tinggi dan keindahan alam nan eksotis membuat Damaran Forest makin menarik untuk dikunjungi.
Pemandangan malam pun layak untuk anda coba nikmati. Temaram lampu kota Purbalingga akan terlihat jelas dari Damaran Forest.
Satu yang menarik untuk anda coba adalah nasi bronjol yang merupakan makanan khas purbalingga bagian utara. Disajikan dalam cobek dengan isian nasi merah campur nasi jagung serta lauk pete, ikan asin, tahu goreng, tempe goreng, lalaban juga sambal hijau. Anda hanya bisa dapatkan menu makanan unik ini di tengah hamparan pohon damaran.

8. Kampung Warna Bobotsari
Bagi Anda yang suka berburu foto keren di destinasi wisata kekinian pasti tidak asing dengan Kampung Warna Bobotsari. Kampung yang berlokasi tidak jauh dari terminal Bobotsari atau berjarak sekitar 11 Km dari pusat kota Purbalingga ini memiliki berbagai lukisan 3D yang menjadi spot favorit untuk berselfie.
Lukisan yang bisa dijumpai di kampung warna unik untuk berswafoto, di antaranya ada tokoh kartun Doraemon dan Batman. Ada juga gambar Ratu Pantai Selatan. Di salah satu sisi jalan gang selebar satu meter, dekat selokan, dihiasi aneka bunga dari sampah plastik yang berwarna-warni.
Ada juga gambar tiga dimensi seperti ikan Hiu yang seolah siap menerkam, pintu ajaib, burung kakak tua dan elang, yang siap bertengger di lengan pengunjung, payung untuk melindungi dari air hujan, dan aliran air yang seolah-olah tertuang ke tangan pengunjung.

9. Botania Garden
Botania garden merupakan tempat wisata petik buah di Purbalingga. Sangat cocok untuk wisata bersama keluarga dan anak - anak, sekaligus mengajarkan menanam pohon buah - buahan dan mengenal berbagai jenis buah.
Wisata Buah Botania Garden mengedepankan konsep wisata petik buah langsung dari pohonnya. Sensasi yang jarang di dapatkan bagi Anda yang suka beli buah di toko buah.
Botania Garden juga menawarkan paket wisata edukasi, fun game dan outbound untuk anak-anak sekolah maupun instansi dan keluarga. Botania Garden terletak di Desa Karangcengis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Untuk bisa sampai Botania Garden dari arah Purbalingga menuju Klampok/Banjarnegara. Sampai di perempatan arah Kemangkon tepatnya di trafficlight Ngebrek terus belok ke kiri sekitar 4 km sampai di Desa Karangcengis.

10. Soedirman Point
Salah satu wisata di Rembang Purbalingga selain Jembatan Cinta Pring wulung adalah Soedirman Point atau yang dulu dikenal dengan Monumen Tempat lahir Jenderal Soedirman terletak di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang. Berjarak sekitar 26 km dari kota Purbalingga.
Monumen ini berbentuk duplikat rumah tempat dilahirkannya Jenderal Soedirman lengkap dengan pendopo, masjid, perpustakaan, dan relief kegiatan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Saat ini di Soedirman Point juga telah disediakan area audio visual yang memutar film-film tentang kemiliteran maupun film tentang perang gerilya.

11. Purbalingga City Park
Bagi anda yang berada di sekitaran kota Purbalingga rasanya sayang kalau tidak mengunjungi Purbalingga city park di malam hari. Tempat yang dulunya bernama Taman Usman Janatin ini hadir dengan warna baru. Ada banyak lampu warna warni yang bisa dijadikan spot selfie saat anda nongkrong-nongkrong ditempat ini. Dan asyiknya lagi untuk masuk ketempat ini gratis . Selain sebagai tempat nongkrong disini juga tersedia aneka kuliner yang bisa anda nikmati di Purbalingga city Park.

12. Masjid Cheng Hoo
Salah satu wisata Religi di Purbalingga adalah Masjid Cheng Hoo Purbalingga yang merupakan bangunan masjid berarsitektur khas Cina. Masjid yang memiliki nama resmi Masjid Jami' PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga ini berada di tepi Jalan Raya antara Purbalingga-Bobotsari.Tepatnya di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, berjarak 12 km dari Masjid Agung Purbalingga ke arah Utara.
Bangunan masjid Cheng Hoo dilengkapi atap empat tingkat serta sejumlah lampion berwarna merah di depannya. Sehingga, bentuknya menyerupai sebuah klenteng. Tak hanya bentuk, ornamen yang ada di dalamnya pun berbentuk segi delapan. Salah di antaranya adalah lafadz Allah SWT yang berada tepat di tengah-tengah langit masjid.

13. Bale Agung
Bagi anda yang berkunjung ke Purbalingga dan bingung mencari oleh-oleh khas Purbalingga, maka sekarang tidak perlu bingung lagi. Karena sekarang sudah ada pusat oleh-oleh khas Purbalingga bernama Bale Agung.
Bale Agung mempunyai tempat yang stategis karena berada dipinggir jalan Provinsi antara Purbalingga - Pemalang. Tepatnya di Jln Raya Bojongsari atau sebelum pertigaan Owabong kalau anda dari arah Kota Purbalingga. Bale Agung mempunyai tempat parkir yang luas dan nyaman. Berbagai macam produk olahan khas Purbalingga dan sekitarnya tersedia disini. Mulai dari produk lokal Purbalingga berupa kuliner, kesenian sampai fashion semua tersedia di Bale Agung.Oleh-oleh khas Purbalingga yang dijual di Bale Agung ini juga harganya relatif murah.

Info Paket Wisata Purbalingga bisa langsung klik DISINI

Blog personal untuk berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: