Lokasi Pantai Surumanis Kebumen, Terpencil Dan Asyik Buat Hunting

Destinasi wisata pantai memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Menikmati semilir angin, Sambil melihat deburan ombak dan bermain pasir merupakan aktifitas yang bisa dilakukan di pantai.

Banyak destinasi wisata pantai yang memiliki daya tarik hingga dikenal wisatawan secara luas. Seperti di Gunung kidul yang dikenal dengan pantai wohkudu dan di jepara dengan pantai pailus . Di Kebumen juga memiliki pantai yang sangat eksotis , yaitu pantai surumanis.

Destinasi wisata pantai surumanis ini memang sangat indah. Memiliki banyak spot selfie yang terbalut pemandangan nan hijau. Tak heran jika kebumen dikenal sebagai surganya wisata alam yang masih asri. Tak hanya pegunungan, Kebumen juga banyak memiliki banyak pantai istimewa yang menghadap langsung ke arah pantai selatan. Pesonanya tak hanya datang dari birunya laut yang menenangkan tapi juga keasrian alamnya yang masih terjaga .

Hingga kini pantai masih menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya. Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini banyak wisatawan yang lebih memilih untuk berwisata alam yang tidak terjadi kerumunan. Terutama bila lokasi wisata tersebut masih asri dan rutenya cukup menantang untuk di lalui. Karena kebanyakan wisatawan tersebut ingin merasakan suasana baru setelah sepekan bekerja atau beraktivitas di perkotaan yang padat dan sumpek.

Destinasi Wisata Pantai Surumanis
Destinasi wisata Pantai surumanis memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak gazebo-gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk sekedar duduk sambil menikmati deburan ombak ataupun melepas lelah setelah bermain-main di pantai yang membutuhkan tenaga untuk mencapainya. Juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable. Nah beberapa spot dibawah ini mungkin bisa dijadikan spot menarik untuk diabadikan.

1. Rute Perjalanan yang Menantang
Jalan menuju pantai Surumanis merupakan jalan yang sama saat kita akan menuju ke Pantai Pecaron. Letak gerbangnya bersebelahan dengan Pantai Lampon. Untuk sampai ke lokasi pantai Surumanis, kita akan melewati jalanan yang lumayan menantang adrenalin dengan kondisi jalan naik turun dan berkelok, jadi pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima. Bukit karang dan tumbuhan nan hijau merupakan bonus pemandangan indah selama perjalanan menuju ke Pantai Surumanis. Berhentilah barang sejenak untuk mengabadikan moment anda selama perjalanan.

Pemandangan pantai Surumanis dan beberapa tebing di pantai sekitarnya akan dapat Anda nikmati melalui puncak bukit, tepatnya di spot foto angsa atau setelah gerbang akses masuk Pantai Surumanis. Tak hanya pantai Surumanis, beberapa pantai yang terletak di satu garis lurus dengan pantai Surumanis pun akan terlihat dengan jelas pemandangan dan pesonanya. Anda pun dapat mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Nah sesampainya di lokasi parkir, kita akan disuguhi keindahan pantai surumanis dari atas. Beberapa spot foto dan gazebo akan terlihat jelas dari lokasi ini. Untuk menuju ke pantai kita harus menuruni jalanan berundak yang sudah tertata rapi. Beberapa spot foto akan kita jumpai selama berjalan kaki menuju pantai berpasir hitam hingga kita tidak akan merasakan lelah selama perjalanan menuju ke bibir pantai.

2. Memiliki Pasir Hitam Berkarang
Pantai Surumanis memiliki pasir berwarna hitam kecoklatan. Beberapa batu karang nampak menjulang dari karang kecil hingga besar yang siap memecah takkala ada ombak besar datang. Bentuk karang –karang yang unik membuat bebatuan tersebut menjadi spot foto yang menarik untuk di abadikan.

Pantai Surumanis dikelilingi oleh batu –batu karang, sehingga angin dan ombak yang melalui pantai ini memang tidak cukup besar bila dibandingkan dengan pantai –pantai yang terletak di wilayah selatan pulau jawa dan juga berhadapan langsung dengan samudra hindia. Karena letaknya di antara tebing, pantai Surumanis tergolong pantai yang cukup terpencil untuk dijangkau. Diantara bebatuan tebing juga terdapat sebuah goa yang tengah dipersiapkan untuk bisa dikunjungi wisatawan.

3. Spot Foto Instagramable
Selain memiliki pemandangan yang indah, Pantai surumanis juga dilengkapi dengan beberapa spot foto yang instagramable. Tak ada salahnya apabila Anda mencoba mengambil beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pengelola lokasi wisata di Pantai Surumanis. Abadikan setiap moment indahmu di antara tebing yang menjulang ataupun spot yang akan membuat orang yang melihatnya akan terkagum –kagum akan keindahan Pantai Surumanis.

Beberapa spot yang terdapat di Pantai Surumanis diantaranya ada spot pagar tebingyang diberi pengaman tali, dimana sebuah tempat dengan pagar dan lantai yang terbuat dari kayu yang terletak diatas puncak bukit karang dengan latar belakang pantai dengan debur ombaknya yang terpecah karang .

Spot foto sepasang angsa juga ada di lokasi ini,tepatnya berada di jalan masuk sebelum kita sampai di tempat parkir. Spot foto ini terdiri dari dua gambar angsa yang terbuat dari papan dan tentu saja banckgroundnya berupa pemandangan laut lepas yang memiliki ombak yang cukup besar cocok untuk Anda yang ingin berselfie bersama dengan pasangan.

Spot lainnya adalah dek kayu model perahu yang berada di depan kedai kopi. Menikmati secangkir kopi sambil memandang laut lepas merupakan pengalaman indah yang mungkin jarang anda lakukan. Juga ada spot jembatan kayu berupa lengkungan yang menghubungkan antara batu karang dan tebing.
Bagaimana? Cukup menarik bukan?

4. Memiliki Perbukitan yang indah
Perbukitan nan indah akan kita jumpai saat sudah melewati jalan menanjak. Ini dapat kita rasakan di awal perjalanan, kalau kita akan menemukan tempat yang indah dan sangat asri. Terbukti saat pertama kita menemukan tempat yang datar sudah bisa kita menikmati panorama perbukitan nan hijau. Beberapa kali sempat kita jumpai pemotong rumput yang dalam perjalanan pulang sambil membawa rumput yang di ikatkan di motor.

Nah jika Anda ingin menikmati sensasi lain di pantai surumanis, berjalanlah menaiki bukit –bukit karang yang terletak melingkari pantai Surumanis. Aksesnya sudah cukup mudah karena beberapa lokasi bukit telah diberi akses untuk bisa mencapainya. Beberapa spot foto telah disediakan di beberapa titik yang memudahkan anda untuk berfoto.

5. Serasa di Pulau milik Pribadi
Pantai Surumanis masih belum dikenal secara luas, terbukti selama perjalanan sempat beberapa kali tanya warga juga mereka jawab tidak tau. Jumlah pengunjung Pantai Surumanis pun memang belum cukup banyak sehingga lingkungan pantai masih terjaga keasriannya. Saat kita berkunjung kesini cuma terlihat beberapa wisatawan dan pengelola sehingga serasa bermain di pantai milik pribadi. Kita bisa sepuasnya mengabadikan moment di spot-spot yang telah disediakan tanpa harus antri. Juga bisa bermain bebas di pantai yang tentunya tetap dengan mematuhi aturan yang ada. Karena di beberapa titik ada peringatan batas aman yang boleh di lalui untuk pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis
Biaya akses masuk ke lokasi wisata pantai surumanis cukup murah. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Surumanis yang memiliki begitu banyak spot menarik cuma dikenakan tiket masuk Rp.10.000,- dan parkir motor Rp. 2.000,-.

Fasilitas di Pantai Surumanis
Lokasi wisata pantai Surumanir memang masih jarang dikunjungi wisatawan, oleh karena itu lokasinya masih cukup asri. Fasilitas yang disediakan di Pantai Surumanis juga masih ala kadarnya, diantaranya berupa tempat tempat istirahat atau gazebo yang bisa digunakan untuk foto dan mengabadikan momen, juga ada musholla, kamar mandi, tempat parkir, spot foto dan kantin.

Rute Menuju Lokasi Pantai Surumanis
Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi pantai Surumanis juga sangat mudah untuk ditemukan, terutama bila Anda menggunakan Google Maps, lokasinya sudah tertera di google map. Beberapa petunjuk arah dan tanda jalan telah dipasang untuk memudahkan wisatawan menuju lokasi.

Pantai Surumanis berada di bagian timur Pantai Pecaron. Jalan menuju Pantai Surumanis merupakan jalur berbukit yang cukup terjal. Jadi bila Anda ingin berkunjung ke lokasi tersebut, usahakan membawa kendaraan yang prima demi kelancaran selama perjalanan di medan yang berbukit naik dan turun.

Apabila Anda berada di kota Kebumen, maka untuk mencapai lokasi Pantai Surumanis dengan mengambil rute jalan menuju ke Pantai Petanahan. Kemudian lanjutkan ke arah pantai Suwuk dan selanjutnya rute ke arah pantai Karangbolong. Lanjutkan perjalanan sampai Anda menemui rute Pantai Ayah dan kemudian dilanjutkan dengan rute ke Pantai Pasir.
Video Rute Perjalanan

Lihat Google Map

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: