Mengenal 234 Jenis Tanaman Obat di Agrowisata Pulas Garden Sipedang

Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menyimpan destinasi agrowisata unik yang cocok menjadi sarana edukasi kesehatan. Di tempat ini pengunjung dapat mempelajari ratusan jenis tanaman obat serta berswafoto (selfie) dengan spot foto yang instagramable banget.

Kehadiran destinasi ini sangat cocok untuk di kunjungi pada masa Pandemi Covid-19, karena disini kita bisa belajar mengenal berbagai jenis tanaman untuk obat-obatan atau yang bisa kita gunakan untuk menjaga imunitas tubuh kita tetap prima.

Meski di tengah suasana pandemi, tak menghalangi warga Desa Sipedang, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara untuk menggeliatkan pariwisata. Warga tak segan membuka obyek wisata keluarga untuk menarik para wisatawan. Tentunya dengan tetap menerapkan protocol kesehatan .

Wisata dengan taman bunga mungkin sudah lumrah dan banyak kita jumpai di tempat lain. Tetapi destinasi wisata di desa ini lain dari biasa. Isinya bukan bunga-bungaan yang penuh warna, melainkan aneka tanaman obat. Karenanya taman ini dinamakan Taman Pulas Garden 234.

Destinasi wisata baru ini menawarkan taman asri yang ditanami aneka tanaman obat keluarga (Toga) yang berkhasiat. Tidak kurang 234 jenis tanaman untuk obat-obat herbal tradisional tumbuh subur di sini.

Menariknya, setiap jenis tanaman obat di taman ini diberi deskripsi khasiat serta seluk-beluknya.Sehingga pengunjung dapat mengetahui manfaat dari masing-masing tanaman.

Selain sebagai sumber pengetahuan tentang tanaman obat, spot-spot di area Pulas Garden tak kalah kece dari wisata taman lainnya. Pengunjung dimanjakan dengan keberadaan spot selfie sambil menikmati pemandangan alam pegunungan nan indah. Taman Pulas Garden sekaligus menjadi laboratorium hidup tanaman obat tradisional berkhasiat.

Destinasi Wisata Pulas Garden
Nama pulas memiliki filosofi yang unik, dalam bahasa Jawa, pulas berarti pewarna dan dalam kamus besar bahasa Indonesia, pulas memiliki arti tidur nyenyak.

Maka harapannya pulas garden ini dapat mewarnai pariwisata di Banjarnegara dengan memberdayakan masyarakat Desa Sipedang sehingga dapat tidur nyenyak dengan suguhan panorama alamnya.

Pulas garden memiliki spot selfie yang keren dan kekinian. Jalanan yang digunakan juga unik dengan memanfaatkan ban bekas mobil yang di cat warna warni. Dengan memanfaatkan lahan seluas 1,5 hektare, tempat tersebut dimanfaatkan menjadi taman edukasi. Terdapat 234 jenis tanaman obat keluarga yang bisa dipelajari oleh para pengunjung sembari berwisata.

Tanaman obat keluarga yang terdapat di wisata ini meliputi jahe merah, kunyit, lengkuas, sambiloto, purwaceng dan masih banyak lainnya. "Jahe merah, kunyit, ada sambiloto dan berbagai macam banyak untuk imunitas tubuh,” kata Faturohman selaku pengelola wisata Pulas Garden.

Selain itu, ada yang berbeda dari objek wisata ini dengan objek wisata lain pada umumnya. Di mana segala ornamen dan dekorasi yang terpasang di Pulas Garden menggunakan sampah limbah serta barang-barang bekas yang tidak terpakai, seperti ban dan bambu.

“Di sini memanfaatkan barang bekas yang ada, kayak ban mobil dan ban motor. Pokoknya apa yang ada di sini kita manfaatkan dan kita kupas untuk sebuah spot selfie," ujar Faturohman.

Tidak hanya mendapat pengetahuan mengenai tanaman obat keluarga, wisatawan juga dapat memanjakan mata dengan panorama hijaunya alam dan udara sejuk pegunungan. Berbagai spot foto unik berlatar belakang pegunungan eksotis disajikan di tempat ini.

Fasilitas di Pulas Garden 234
Untuk fasilitas di Pulas Garden 234 sudah lumayan lengkap layaknya wisata di Banjarnegara. Diantara fasilitas yang tersedia adalah :
- Tempat parkir
- Gazebo
- Aula
- Spot foto
- Tempat Karaoke
- Musholla
- Toilet

HARGA TIKET MASUK PULAS GARDEN
Untuk dapat masuk ke Pulas Garden 234 anda cukup dikenakan HTM sebesar Rp. 10.000,- . Sebuah destinasi wisata yang tepat bagi anda yang akan berwisata di Banjarmangu - Banjarnegara
Lokasi Pulas Garden 234
Lokasi Pulas Garden 234 berada di Sipodang, Sipedang, Banjarmangu, Banjarnegara, Central Java 53452
Lihat Google Map

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: