Bukit Kerinduan, Potensi Alam Nan Indah Di Purbalingga

Melakukan perjalanan jelajah wisata ataupun explore potensi wisata alam yang masih banyak tersebar di Kabupaten Purbalingga bisa menjadikan liburan kamu lebih mengasyikkan. Apalagi banyak pilihan destinasi wisata Purbalingga yang menyuguhkan panorama keindahan baik itu wisata curug ataupun perbukitan . Tak banyak yang tahu kalau di ujung utara Kota Purbalingga ada beberapa potensi wisata yang bisa membuat kamu berdecak kagum saat melihatnya.

Baca Juga : Jelajah Purbalingga, Wajib coba!!!

Ya... Ujung utara Purbalingga memang memiliki begitu banyak surga tersembunyi. Beberapa diantaranya ada di Desa Sirandu kecamatan Karangjambu. Selain dikenal sebagai penghasil kopi,Desa Sirandu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga ini juga mempunyai potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi tempat wisata yang mempunyai keunikan tersendiri diantara begitu banyak wisata alam yang terdapat di Kabupaten Purbalingga. Seperti kita ketahui, Purbalingga dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Curug, dan salah satunya ada di Desa Sirandu, yaitu Curug Tungtung . Selain curug juga ada bukit kerinduan yang konon bisa membuat kita ketagihan untuk selalu datang ke bukit tersebut.

Curug tungtung gunung

Orang lebih mengenalnya dengan sebutan curug sulintang atau curug silintang. Curug yang terlihat seperti bebatuan candi ini memiliki ketinggian hampir mencapai 40 meter. Dari kejauhan curug ini sudah terlihat memiliki dua tingkatan. Untuk mencapai curug tuntung gunung bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat kita memarkir kendaraannya. Sangat di rekomendasikan menggunakan sepeda motor supaya perjalanan kita lancar dan tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki. Perjalanan menuju curug tungtung gunung akan melewati ladang dan persawahan nan hijau. Segarnya udara pegunungan dan indahnya pemandangan akan mengusir rasa lelah selama perjalanan. Salah satu keajaiban yang membuat kita tercengang saat berada di curug tungtung gunung adalah munculnya pelangi tepat berada di bawah curug tempat kita sedang bermain air. Bolak balik main di curug dan ini adalah pertama kalinya kita bisa melihat pelangi dengan jarak yang sangat dekat. Sungguh trip yang menakjubkan.


Bukit kerinduan
Masyarakat sekitar mengenalnya dengan igir, namun kini lebih dikenal dengan sebutan Bukit kerinduan. Menurut beberapa pemuda di Desa Sirandu dinamakan bukit kerinduan konon bagi siapa saja yang pernah datang kesitu akan selalu ketagihan untuk datang lagi. Kondisi perbukitan yang dihiasi rerimbunan semak dan pepohonan nan hijau semakin terlihat asri yang membuat siapa saja yang datang akan betah untuk berlama-lama. Bagi sobat wisata yang berkunjung ke lokasi ini akan menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Baca Juga : Spot Foto Menarik Di Purbalingga

Bukit yang membatasi Kabupaten Purbalingga dan kabupaten pemalang ini bisa sobat tempuh sekitar 20 menit dari pemukiman warga dengan menggunakan sepeda motor. Tapi sobat wisata harus hati-hati yaa?? Karena jalanannya masih belum tertata rapi. Dari puncak bukit kita bisa melihat megahnya Gunung slamet dan Gunung jimat yang berada di belik pemalang. Selain digunakan untuk spot foto, di bukit kerinduan juga bisa digunakan untuk camping. Area puncak bukit kerinduan sangat luas dan tergolong rata yang sangat memungkinkan kita bisa mendirikan tenda hingga ratusan tenda.

Tonton Video Explore Sirandu Purbalingga

Visit Purbalingga berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: