Curug Sibedil, Air Terjun Alami di Moga Pemalang

Destinasi wisata alam bisa menjadi pilihan bagi kalian untuk sejenak menenangkan diri. Salah satunya dengan menyambangi wisata curug atau air terjun yang merupakan daya tarik wisata alam yang pas buat mengisi liburan dengan bersantai dan melepaskan diri dari penatnya rutinitas kerja. Apalagi kalau curug tersebut belum terlalu ramai. Pasti bakalan lebih terasa suasana kealamiannya. Dan suasana seperti ini bisa kalian dapatkan di Curug Sibedil yang berada di Desa Sima Kecamatan moga kabupaten pemalang Jawa Tengah.

BACA JUGA : Ratusan Curug Hits dan selalu ramai Di kunjungi

Salah satu daya tarik dan keunikan curug sibedil adalah alamnya yang masih sangat asri dan memiliki beberapa air terjun yang berjejer rapi dari yang ukuran kecil hingga besar. Meskipun debit airnya tidak terlalu besar, namun wisatawan tetap bisa menggunakan kolamnya untuk berenang. Bahkan ada beberapa wisatawan yang terlihat sesekali melakukan cliff jumping atau melompat dari atas tebing curug yang memiliki ketinggian sekitar 10 meteran ini.

Curug sibedil berada di kaki gunung slamet yang memiliki panorama yang sangat indah. Dibalik nama curug sibedil masih menyimpan misteri yang dituturkan secara turun temurun. Konon, nama curug sibedil tercetus karena di sekitar curug terdapat batu berbentuk moncong senapan yang menurut warga sekitar, pada setiap malam jumat kliwon batu tersebut selalu mengeluarkan suara seperti suara tembakan .

Akses menuju curug sibedil

Untuk menuju curug sibedil bisa ditempuh sekitar 15 menit perjalanan dari pasar moga dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di tempat parkir dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak diantara rumah warga. Senyum ramah warga akan dapat kita jumpai selama perjalanan dari tempat parkir menuju curug sibedil. Untuk masuk ke kawasan curug sibedil, kita cuma dikenakan harga tanda masuk sebesar lima ribu rupiah dan parkir dua ribu rupiah. Cukup murah bukan ???

Pemandangan mengesankan akan bisa kita lihat sesampainya di jembatan. Meskipun jalanan menuju curug di bawah rerimbunan pohon bambu, namun kondisi jalannya sangat terjaga kebersihannya. Beberapa fasilitas seperti toilet, ruang ganti dan warung makan juga terlihat berjejer rapi di sepanjang jalan menuju curug sibedil. Pun dengan kolam yang berada dibawah curug, pengelola dengan telaten membersihkan setiap daun yang jatuh berceceran di kolam maupun di daratan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke curug sibedil yang merupakan air terjun alami di moga pemalang.

Lihat Video

Banyak hal yang bisa dilakukan di curug sibedil. Selain untuk menenangkan diri, bersantai ria sambil nyeruput kopi kalian juga bisa bermain air dan berenang di kolam yang airnya berwarna toska ini. Ada larangan bagi kalian yang tidak bisa berenang, tapi kalian masih bisa bermain air di aliran sungai yang tidak terlalu deras. Selain bermain air, kalian juga bisa berfoto dengan latar belakang air terjun dan hijaunya dedaunan yang terdapat di dinding sekitar curug.

Lokasi curug sibedil berada di Jalan Kyai Abdurrosyid Rt 01/03 dusun karangbulu. Berjarak sekitar 44 kilometer dari pusat kota pemalang.

Lihat Google Map

Visit Purbalingga berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: