Menikmati Kesejukan Curug Telu di Lereng Gunung Slamet

Menikmati Kesejukan Curug Telu di Lereng Gunung Slamet sangatlah menyenangkan. Apalagi di lokawisata Baturraden yang sedari dulu memang sudah dikenal sebagai daerah tujuan wisata alam di Purwokerto yang memiliki udara sejuk dan panorama alam nan indah. Letaknya yang berada di lereng gunung slamet menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung menyambangi keelokannya.
Maka tak heran jikalaw di baturraden memiliki banyak tempat wisata menarik. Beberapa diantaranya adalah wisata curug atau air terjun. Puluhan curug nan indah ada di kawasan wisata baturaden, salah satunya yang sudah cukup dikenal adalah curug telu.

Destinasi wisata curug telu baturraden
Curug telu terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Selain airnya yang jernih, curug telu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Curug telu memiliki tiga sumber mata air yang tergabung menjadi satu dan mengalir ke curug telu. Sumber tersebut berasal dari sungai kisapin, sungai buntu dan sungai pelus.

Curug telu mulai dikenalkan dan dikelola oleh sekelompok warga yang terdiri dari petani, perangkat desa dan buruh bangunan yang tergabung dalam kelembagaan pokdarwis Tirta Kamulyan Desa Karangsalam. Destinasi wisata curug telu yang dikelola Pokdarwis tersebut kini mampu menciptakan lapangan pekerjaan, menumbuhkan perekonomian dengan munculnya pedagang, pengusaha homestay hingga pengelola hotel. Kini di Desa Karangsalam sudah semakin berkembang dengan munculnya beberapa destinasi wisata baru di baturraden, diantaranya adalah Camp Area Umbul Bengkok (CAUB) baturraden yang bisa digunakan untuk camping dan melihat keindahan purwokerto di malam hari dan bisa digunakan untuk outbound. Juga ada guest house, cafe-cafe, warung tenda, area taman bambu dan lain-lain, yang semuanya dikelola oleh masyarakat setempat.

Fasilitas Curug Telu Baturraden

Seperti destinasi wisata baturraden lainnya, di curug telu juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya:
- Area parkir
- Musholla
- Toilet
- Tempat bilas
- Gazebo
- Warung
- Dan homestay yang siap dijadikan tempat menginap bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Karangsalam,Purwokerto.

Akses Menuju Curug Telu
Untuk akses menuju ke curug telu dari pusat kota purwokerto bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor maupun roda empat. Jalanan yang halus dan bagus akan memperlancar perjalanan wisatawan menuju curug telu. Sebelum masuk ke pintu gerbang wisata baturraden, belok ke kanan menuju Desa Karangsalam. Nah sesampainya di gerbang desa karangsalam harap berhati-hati, karena jalanan disini tidak terlalu lebar. Selama perjalanan menuju karangsalam kita sudah dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Hamparan persawahan dan pepohonan nan hijau adalah suguhan yang bisa kita nikmati selama perjalanan. Untuk mencapai curug telu, wisatawan musti berjalan kaki sekitar 250 meter dari loket masuk dengan menapaki jalanan menurun. Akses jalan bertangga sudah dibangun guna memudahkan wisatawan untuk sampai di lokasi curug telu.

BACA JUGA : Curug Di Purbalingga, Apa saja ???

Tiket Masuk Curug Telu Baturraden
Setibanya di lokasi curug telu, kita dikenakan tiket masuk sebesar lima ribu rupiah per orang dan parkir 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan lima ribu untuk mobil. Cukup murah bukan ??? Sekarang kita sudah bisa menikmati keindahan curug telu karangsalam baturraden. Sebelum sampai curug telu kita juga akan disuguhi daya tarik sendang bidadari yang konturnya seperti diapit dinding tebing dan curug pete yang merupakan tempat favorit untuk melakukan cliff jumping. Di sekitar curug pete, banyak diantara pengunjung yang singgah disini untuk sekedar duduk santai di gazebo dan warung yang menyediakan kopi plus cemilannya ataupun menonton anak-anak yang meloncat dari atas tebing atau cliff jumping. Sebuah atraksi gratis yang sayang untuk dilewatkan. Kalau anda berani, bisa juga bergabung untuk meloncat dari ketinggian.

Visit Purbalingga berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: