Situ Tirta Marta, Wisata Spot Underwater Di Purbalingga Jateng

Purbalingga memiliki destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi. Berada di lereng gunung slamet yang memiliki panorama indah menjadikan obyek wisata purbalingga sebagai daerah tujuan wisata hits di jawa tengah. Tidak hanya wisata purbalingga terbaru yang ramai dikunjungi, ada banyak tempat wisata di Purbalingga, diantaranya ada wisata air owabong purbalingga, wisata curug dan juga wisata telaga di Purbalingga. Salah satu wisata telaga yang ramai dikunjungi adalah situ tirta marta yang memiliki air sangat bening dan bisa dijadikan spot foto underwater di Purbalingga.

Tirta marta sendiri berarti air perempuan, ada juga yang mengartikan air kehidupan. Mungkin karena jaman dahulu sering digunakan untuk mandi para wanita. Telaga alami dibawah rindangnya pepohonan yang asri ini memiliki 7 sumber mata air atau dalam bahasa jawanya tuk pitu. Tak heran apabila air kolamnya tidak pernah kering meski dimusim kemarau sekalipun. Seperti wisata unggul ponggok klaten, situ tirta marta juga bisa digunakan pengunjung untuk mandi dan berendam sepuasnya sambil merasakan kesegaran air pegunungan. Daya tarik telaga Situ tirta marta adalah spot foto underwater, tubing, dan juga paket outbound untuk anak-anak. Situ tirta marta terletak di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

BACA JUGA : Warung Favorit Di Purbalingga ini Berada Dipinggir Sawah

Destinasi Wisata Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta merupakan telaga yang memiliki air sangat jernih dan berasal dari sumber mata air alami. Memiliki kolam yang kedalamannya ± 1,5 meter, sehingga bisa digunakan orang dewasa maupun anak-anak. Namun untuk anak-anak butuh pengawasan khusus karena tinggi badan anak biasanya belum sampai 1,5 meter. Sebenarnya Di Situ Tirta Marta terdapat tiga kolam, namun yang rutin dan selalu ramai digunakan baru satu kolam. Ada juga sebagian dari anak-anak yang bermain air di kolam sebelah ruang sekretariat yang memang tidak dalam. Ada wacana kolam tersebut mau dikeruk supaya lebih dalam, namun hingga saat ini masih belum terealisasi.

Destinasi wisata situ tirta marta masih sangat alami. Pepohonan besar yang rimbun dan area persawahan di seberang sungai kecil terlihat jelas jika pengunjung berada diatas telaga sambil duduk santai menikmati kopi ataupun jajanan yang tersedia di warung-warung kecil yang ada dibawah pohon besar. Dari atas juga pengunjung bisa melihat bebatuan di dasar kolam yang airnya jernih. Tak jauh dari sumber mata air terdapat akar-akar kokoh pohon beringin. Tak heran jika air di telaga situ tirta marta sangat bening, karena akar pohon beringin diyakini bisa menjaga sumber air tetap jernih. Beberapa bebatuan besar juga terlihat jelas, menambah kealamian telaga situ tirta marta kutasari.

BACA JUGA : Kampung Wisata Tematik Bergaya Unik

Merasakan kesegaran air situ tirta marta merupakan ritual wajib bagi pengunjung yang datang ke telaga karangcegak ini. Kapan lagi bisa merasakan segarnya air alami yang konon bisa bikin awet muda. Menyelam sambil foto dengan properti yang telah disediakan merupakan kepuasan tersendiri bagi pengunjung yang suka selfi dan eksis di media sosial. Abadikan setiap moment dengan membeli paket spot foto underwater di telaga karangcegak purbalingga. Untuk harga paket Rp.150.000,- pengunjung sudah mendapatkan properti sesuai pesanan. Pengunjung juga tidak perlu kwatir kamera atau hpnya basah kena air. Karena harga paket tersebut sudah plus kamera dan fotografer profesional.

Beragam properti spot foto underwater sudah disediakan pengelola situ tirta marta, diantaranya spot foto tenda doom, TV plus stick playstation, gitar dan motor. Abadikan setiap gayamu layaknya sedang bermain playstation, nonton tv dari dalam tenda ataupun gaya sedang naik motor. Bagi yang tidak bisa bergaya tenang saja, karena fotografer akan mengarahkan setiap gayamu demi mendapatkan hasil foto yang bagus. Untuk satu kali sesi foto dengan durasi 1 jam pengunjung akan mendapatkan 50 salinan foto untuk dibawa pulang .

Paket wisata lainnya adalah tubing dengan menggunakan ban dalam bekas mobil atau donat boot. Untuk tubing bisa dilakukan diluar paket atau perseorangan. Pengunjung hanya menyewa ban dalam seharga lima ribu rupiah. Tubing bisa dilakukan hanya dengan mengapung-apung di kolam telaga maupun di aliran sungai kecil dengan mengikuti arus yang tidak terlalu deras. Untuk lebih merasakan sensasi tubing tentunya dengan mengikuti aliran arus sungai hingga ± 100 meteran.

Ada juga wisata religi yang biasanya dilakukan setiap malam selasa manis dan malam jumat kliwon. Menurut kepercayaan, orang yang mandi pada malam itu dipercaya bisa membuka aura, pintu jodoh, rezeki lancar dan tujuan lain yang intinya untuk kemajuan hidup. Beberapa orang juga kerap percaya kalau mandi di situ tirta marta bisa untuk menambah energi dalam memberi pertolongan kepada orang lain lewat jalur supranatural, menyegarkan badan, membuang sial dan mengabulkan berbagai macam hajat.

Fasilitas Situ Tirta Marta
- Tempat Parkir
- Mushola
- Tempat bilas
- Toilet
Juga ada beberapa warung yang menyediakan kopi dan makanan ringan

Harga Tiket Masuk Situ Tirta Marta
Untuk masuk ke Situ tirta marta, pengunjung cuma dikenakan HTM Rp.3.000,- dan parkir sepeda motor Rp.2.000,- , Mobil 5.000,- . Cukup murah bukan ??? Sangat recommended bagi anda yang ingin refreshing melepas penat, karena tempatnya jauh dari kebisingan.
Lokasi Situ Tirta Marta
Situ Tirta Marta terletak di Dusun 1 Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga - Jawa Tengah. Dekat dengan wisata sanggaluri, wisata purbasari pancuran mas dan juga owabong purbalingga. Dari pusat kota Purbalingga sekitar 8 Km. Dapat ditempuh sekitar 20 menit perjalanan dengan berkendara sepeda motor maupun mobil. Akses jalan yang mudah akan melancarkan perjalanan anda.
Lihat Google Map

Visit Purbalingga berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: