Via Ferrata, Wisata Panjat Tebing Taman Rancah Belik Pemalang

Informasi terbaru mengenai alamat lokasi dan harga tiket masuk wisata taman rancah belik, pemalang.

BACA JUGA : Jambe Kembar, Primadona Wisata di Belik - Pemalang

Pemalang memiliki daya tarik wisata alam yang indah dan mempesona. Di antaranya yang berada di Belik, sebuah tempat yang sering disebut bukit Mendelem, biasa disebut juga dengan Gunung Jimat. Banyak yang menyebutkan penamaan gunung tersebut karena di daerah tersebut banyak menyimpan benda pusaka. Orang dulu meyakini kalau tempat ini mampu mendatangkan kekuatan yang digunakan untuk kekuasaan.

Di bukit mendelem terdapat makam Rahiyangta Panaraban yang terdapat di puncak Gunung. Orang tersebut merupakan raja Jawa yang ada di Pemalang. Selain itu terdapat juga petilasan Damar Wulan dan Raden Patah. Ada juga batu payung, yaitu hamparan batu menyerupai payung yang tersusun atas batu-batu besar yang membentuk seperti goa. Konon banyak orang yang mencari pesugihan di tempat ini. Khususnya pada malam hari dimana keadaan sudah sangat sepi dan sunyi. Tak heran kalau di Gunung jimat dikenal juga sebagai wisata religi. Selain memiliki wisata religi, Bukit mendelem juga memiliki wisata alam yang tak kalah menariknya, yaitu Wisata Taman Rancah.

Wisata Taman Rancah merupakan wisata alam di belik pemalang yang bisa digunakan untuk wisata panjat tebing. Dari kejauhan, tebing atau bebatuan di Bukit Mendelem sudah terlihat tampak indah dengan pepohonan hijau yang ada di sekitarnya, namun saat kita sudah berada di Bukit Mendelem sebenarnya lokasi ini merupakan bukit yang didominasi bebatuan yang besar. Karena Bukit Mendelem didominasi oleh bebatuan sehingga muncullah wisata panjat tebing dengan teknik via Ferrata yang cocok diterapkan disini. Saat berada di puncak, pemandangan indah akan jelas terlihat.



Destinasi Wisata Taman Rancah Bukit Mendelem
Taman rancah gunung jimat mendelem, belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah ini banyak di minati wisatawan karena memiliki panorama wisata alam yang indah terutama tebingnya yang terlihat keren. Wahana di taman rancah sangat menggoda untuk di coba, terutama bagi anda yang gemar berwisata petualangan. Salah satunya dengan menaiki dinding tebing yang terbagi dalam 3 stage. Di tiap stage terdapat spot foto dengan pemandangan indah. Bagi anda yang tidak cukup bernyali untuk menaiki tebing dengan tehnik via ferrata jangan kwatir. Anda bisa melewati jalan biasa yang terkadang harus naik tangga besi juga. Untuk pemandangan yang di dapat juga tidak kalah keren.

BACA JUGA : Tips Liburan ke Karimun || Wisatawan Wajib Booking Online!

Di taman rancah anda tidak hanya menikmati kesejukan dan keindahan alam, namun anda ditantang nyalinya untuk memanjat tebing bebatuan melintasi trek tangga besi yang tertancap pada dinding batu atau istilahnya via ferrata. Bagi anda yang baru pertama kali melakukan panjat tebing tidak perlu takut, karena selama melintasi trek tangga besi yang ditancapkan di dinding batu akan selalu dipandu guide yang berpengalaman. Tidak hanya melewati lintasan ekstrem, wisatawan juga bisa berswafoto di spot-spot yang telah di siapkan oleh pengelola. Bahkan bisa duduk sambil menikmati kesejukan udara pegunungan.

Sebagai persiapan dan keamanan, sebelum naik ke atas bukit diharuskan mengikuti senam pemanasan dan panduan yang diberikan oleh guide. Selain itu juga harus mengenakan alat pengaman yang sudah disiapkan. Seperti helm dan tali pengaman yang dilengkapi carrabiner.Jadi, keamanan yang diberikan oleh pengelola Taman Rancah benar-benar diperhatikan. Setelah tahapan awal selesai dilakukan baru diizinkan untuk memanjat, tentunya sesuai intruksi yang telah disampaikan. Selama menaiki ferrata, tak perlu khawatir soal keselamatan. Pengunjung hanya perlu menaiki tangga yang telah disediakan sehingga lebih mudah untuk sampai ke atas. Ada petugas tersendiri yang akan memandu anda saat naik ke atas.

BACA JUGA : Situ Tirta Marta, Wisata Spot Underwater Di Purbalingga Jateng

Via ferrata terbagi dalam 3 stage dan berbeda tarif untuk tiap stage nya.
• STAGE 1 ketinggian 844 MDPL
• STAGE 2 ketinggian 925 MDPL
• STAGE 3 ketinggian 1050 MDPL

Selain via ferrata ada juga flying fox,rock top, dan spot selfie yang instagramable banget. Untuk via ferrata, flying fox dan fasilitas lain bisa langsung kalian tanyakan ke kontak person Taman Rancah. Gimana ?? penasaran kan ?? Fasilitas Wisata Taman Rancah
Beberapa fasilitas yang tersedia di Taman Rancah belik diantaranya adalah :
- Area Parkir
- Spot foto
- Musholla
- Toilet
- Gazebo
- Peralatan panjat tebing
Juga ada beberapa warung yang menyediakan kopi dan makanan ringan

Harga Tiket Masuk Taman Rancah
Untuk HTM wisata taman rancah yaitu sebesar Lima ribu rupiah, parkir motor dua ribu rupiah.

Lokasi Taman Rancah
Wisata taman rancah bisa di tempuh dari belik hanya sekitar 1 km atau sekitar 10 menit perjalanan. Dari jalan raya pemalang - purwokerto sesampainya di depan wisata jambe kembar atau pasar belik lokasi bukit mendelem sudah terlihat jelas.

Bagi kalian yang suka berpetualang rasanya sayang kalau tidak datang ke tempat ini. Selain tempatnya yang nyaman dan sejuk, juga anda bisa berpetualang di wahana wisata panjat tebing, sebuah konsep wisata dan olahraga extreme.
Tonton Youtube
Lihat Video

Visit Purbalingga berbagi info wisata, traveling, budaya, kuliner, potensi alam dan desa wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga .

No comments: