Gunung Wuled, Desa Wisata Di Ujung Kota Purbalingga

Gunung Wuled merupakan Desa Wisata di Purbalingga yang terletak di Kecamatan Rembang. Desa yang bersebelahan dengan Desa Wisata Tanalum ini juga menjadi desa yang bersebelahan dengan Kabupaten Banjarnegara dan kawasan hutan wilayah Pekalongan juga Pemalang.

Desa Gunung Wuled menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan masih asri. View perbukitan akan terlihat sepanjang perjalanan menuju desa wisata yang mempunyai daya tarik wisata curug dan kawasan hutan yang masih alami. Beberapa daya tarik wisata diantaranya : Curug panyatan, Taman Soedirman, Puncak Igir Sibarat dan Kolam renang Dina Wisata.

Curug Panyatan
Nama Curug Panyatan sudah banyak dikenal orang khususnya warga Purbalingga sendiri. Terletak di Dusun Bawahan, Desa Wisata Gunung Wuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, bersebelahan dengan Desa Wisata Tanalum yang lebih dulu dikenal dengan Negeri Seribu Curug.

BACA JUGA : 30 Tempat Wisata Hits Dan Populer Di Purbalingga Jawa Tengah

Curug Panyatan mempunyai ketinggian sekitar 35 meter, memiliki air yang sangat jernih. Sungai yang mengalir di Curug Panyatan tidak pernah kering walau musim kemarau sekalipun, karena memiliki sumber mata air yang sangat besar di kaki Gunung Panyatan.

Konon ceritanya sumber mata air yang sangat deras tersebut terbuat karena ketukan tongkat (Eyang Luwung). Dan air yang keluar dan mengalir ke Curug Panyatan tersebut dipercaya bisa membuat awet muda bagi siapa saja yang menggunakannya untuk mandi atau meminumnya.

Ada banyak potensi alam yang menarik untuk dijelajahi disekitar curug panyatan. Di sungai yg mengalir ke Curug Panyatan juga sangat menarik untuk berpetualang susur sungai, tracking ataupun camping. Udara yang sangat sejuk dan keramahan warga setempat menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

Pemandangan sekitar Curug Panyatan ini pun tak kalah mempesona. Serupa dengan Gunung Pucung, kita bisa melihat pemandangan indah pepohonan yang masih menghijau dan kabut yang selalu menyelimuti sekitar gunung. Curug panyatan akan lebih indah jika kalian melihat dari igir sibarat. Lekukan ngarai, rumah penduduk dan hijaunya persawahan bisa terlihat jelas dari puncak igir sibarat.

Mau Nonton Youtube Yang menghasilkan uang, Begini caranya !!!

Taman Soedirman
Taman Soedirman berada masih satu wilayah di dusun bawahan. Untuk menujunya diperlukan waktu tidak lebih dari 10 menit dari curug panyatan. Taman soedirman merupakan wisata alam yang sangat sejuk, karena dikelilingi pohon-pohon besar yang bagus untuk spot foto. Sangat recommended bagi kalian yang suka santai sambil ngopi, karena lokasinya sangat nyaman dan jauh dari keramaian. Bagi kalian yang suka camping, di taman soedirman juga menyediakan paketnya. Spot lainnya berupa perbukitan dan curug yang berada di seberang sungai, yang bisa dijadikan background untuk foto - foto.

Puncak Igir Sibarat
Wisata Puncak sibarat berada di ketinggian 620 mdpl, merupakan sebuah bukit yang ada di dusun Bawahan yang loketnya berhadapan tidak jauh dengan Curug Panyatan. Puncak sibarat adalah sebuah wisata di atas ketinggian yang spot fotonya bisa untuk melihat keindahan dibawahnya. Curug panyatan sangat jelas terlihat dari Puncak Igir Sibarat. Beberapa spot terbaik di igir sibarat yaitu bisa untuk melihat sunrise,camping ground, jembatan untuk selfi di lengkapi menara 7 meter serta rumah terbalik, hijaunya hutan pinus,pemandangan gunung sindoro sumbing,dan bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Kolam Renang Dina Wisata
Kolam renang Dina Wisata merupakan wahana air berupa 2 buah kolam renang dengan pemandangan yang istimewa. Letaknya berada tidak jauh dari curug panyatan. Jadi buat kalian yang habis main air atau basah-basahan di curug panyatan bisa langsung menuju kolam renang dina wisata untuk menuntaskan hasrat bermain air. Kolam renang yang dikelilingi perbukitan ini memiliki air yang sangat segar, karena diambil langsung dari mata air pegunungan. Puas main air kalian bisa bersantai sambil menikmati mendoan hangat yang tersedia di kantin dina wisata.

RATUSAN CURUG INI PESONANYA HINGGA MANCANEGARA

Akses menuju Gunung Wuled
Untuk menuju ke Gunung wuled bisa melalui beberapa akses dan saya rasa akses paling mudah melewati Desa Wisata Tanalum. Sebagai patokan bagi anda yang dari Kota Purbalingga ataupun Pemalang bisa langsung menuju Bobotsari, Dari perempatan Pasar Bobotsari langsung saja ke arah timur melewati Desa Sumampir dan arahkan kendaraan Anda ke Desa Wisata Tanalum arah ke curug nagasari. Sampai ke Dusun Pucungrumbak ada pertigaan kemudian belok ke kanan sekitar 400 meter ke arah timur. Di sini Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar ke mana arah Dusun Bawahan.

Lihat Google Map
Bagi Anda yang dari arah timur apabila menggunakan kendaraan roda 2 Anda dapat melalui jalan alternatif dari Dusun Karangnangka, Gunung Wuled. Tetapi harap berhati-hati karena jalan masih sempit.

Curug Panyatan terletak di Desa Wisata Gunung Wuled RT : 01 RW : 06, Dusun Bawahan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju Curug Panyatan dari lokasi parkir kendaraan,jalan kaki sekitar 10 menit sampailah anda ke curug panyatan.

Info terbaru tentang sosial masyarakat, event, wisata, budaya dan kuliner yang lagi hits.

No comments: